5 Alasan Kpopers Bertransformasi Jadi Sasaeng, Ada Penghasilan Berlimpah Menggiurkan

| 07 Sep 2020 19:28
5 Alasan Kpopers Bertransformasi Jadi Sasaeng, Ada Penghasilan Berlimpah Menggiurkan
Ilustrasi fan Kpop (Instagram/@cetakfotopolaroidwsb)

ERA.id - Dunia panggung hiburan Kpop tak pernah lepas dari kemewahan dan juga melimpahnya para fan yang ada di seluruh dunia. Tetapi di balik mewah dan bergelimang penggemar, para idol Kpop juga rentan dengan gangguan sasaeng (penguntit) yang terus mengganggu. 

Diberitakan dari Koreaboo, Senin (7/9/2020) beberapa mantan sasaeng akhirnya membeberkan alasan terkuat mereka menguntit para idol di kehidupan sehari-hari, mulai dari memburu alamat rumah, nomor telepon, hingga kehidupan pribadi lainnya di luar panggung. 

Berikut lima alasan fan Kpop yang bertransformasi menjadi sasaeng bagi idola mereka:

1. Caper (Cari Perhatian) Idola

Para sasaeng yang beraksi terkenal dengan kegiatan mereka yang doyan menguntit semua kegiatan idola mereka. Usut punya usut kegiatan menguntit ini sengaja mereka lakukan karena caper alias cari perhatian. 

Bahkan tak sedikit para sasaeng ini bertindak ekstrim cuma buat dapetin perhatian idolanya loh. Haduh ada-ada aja nih.

2. Mencari Informasi Pribadi 

Salah satu mantan sasaeng BTS baru-baru ini buka-bukaan terkait tindakannya menguntit Jungkook Cs lewat kanal YouTube Sherliza Moe. Selama wawancara, dia mengaku mencari informasi pribadi idolanya adalah salah satu alasan terkuatnya menjadi sasaeng. 

“Ya, kami cukup banyak menjual sesuatu yang dapat kami temukan. Saya bertukar banyak materi sasaeng dengan sasaeng lain juga. Saya membeli penerbangan ilegal, saya membeli foto ilegal, foto pribadi, informasi pribadi, nomor telepon pribadi,” kata mantan sasaeng BTS, dikutip dari Koreaboo, Senin (7/9/2020). 

Menurutnya semua informasi pribadi yang dia dapatkan itu bisa dijual dan menghasilkan uang bagi dirinya. Dia juga mengatakan tak sulit untuk menemukan sasaeng atau informasi yang bocor, yang dibutuhkan hanya satu sumber yang bisa dipercaya. 

“Saya melakukan beberapa hal yang tidak terlalu saya banggakan. Hal terburuk yang terlintas di benak saya adalah mengambil penerbangan yang sama dengan BTS,” ungkapnya. 

3. Mau Dekat Sama Idola

Salah seorang netizen bernama Gemine Rigel mengatakan alasan dia menjadi fan sasaeng hanya untuk dekat dengan idola mereka saja.

“Pada awalnya, Anda akan menikmati perasaan bahwa Anda dekat dengan mereka. Bahwa Anda tahu keberadaan mereka. Apa yang mereka lakukan saat tidak ada dalam sorotan. Anda bisa melihat mereka yang sebenarnya. Rasanya mereka seperti teman dekat Anda,” tulis Gemine Rigel. 

Menurut Rigel ingin tahu lebih banyak informasi dan dekat dengan idola mereka seperti narkoba yang membuat dirinya kecanduan. 

4. Uang atau Penghasilan

Seperti pengalaman mantan sasaeng sebelumnya, keuntungan menjadi penguntit selain dapat informasi pribadi juga bisa menghasilkan uang dari menjual data pribadi idol Kpop. 

Salah seorang sasaeng asal Jepang misalnya, dia mendapat tawaran sejumlah uang yang banyak dari sasaeng Korea untuk mengikuti dan mengambil foto member BTS dengan kualitas yang bagus. 

Akhirnya fan asal Jepang itu lebih tertarik menjadi sasaeng karena uang yang diberikan berjumlah banyak. 

5. Tanpa Sadar Jadi Sasaeng

Kanal YouTube Korea Scouter TV pernah mewawancarai seorang sasaeng yang mengaku tanpa sadar dirinya menjadi sasaeng. Padahal sebelumnya dia menganggap sasaeng itu sebagai orang yang menyedihkan. 

Tetapi akhirnya dia mulai kecanduan dan tanpa sadar menjadi sasaeng setelah menonton video YouTube dari para idol Kpop. 

“Tanpa pikir panjang, aku mulai nonton video koreografi (nama band), ada banyak orang tapi satu orang sangat menonjol di video itu. Gerakan tarinya sangat indah dan dia sangat tampan. Mereka memiliki nametag di tubuh mereka jadi saya melihatnya dan menemukan itu adalah (nama anggota),” ungkap mantan sasaeng itu. 

Dari lima alasan seseorang menjadi sasaeng ini tak ada satu pun yang bisa dibenarkan ya gengs. Apalagi mengganggu privasi seseorang dan menjualnya secara ilegal. Bagaimanapun, seorang idol saat di luar panggung dan kegiatannya sama seperti manusia pada umumnya. 

Tags : kpop
Rekomendasi