Tips Membangun Hubungan Pertemanan agar Awet Sepanjang Masa

| 04 May 2024 09:10
Tips Membangun Hubungan Pertemanan agar Awet Sepanjang Masa
Tips membangun pertemanan (unsplash)

ERA.id - Salah satu bentuk hubungan yang penting dalam menjadi manusia adalah pertemanan. Masalahnya, tidak semua orang pandai dalam membangun relasi, lantas bagaimana tips membangun pertemanan?

Dalam membangun pertemanan, diperlukan usaha dan dedikasi untuk menjalin koneksi yang bermakna dan tahan lama. Untuk itu, melalui artikel ini akan membahas beberapa tips untuk membantu Anda membangun pertemanan yang kuat dan langgeng.

Tips membangun pertemanan

Dilansir dari Psychology Today, berikut ini rahasia membangun persahabatan yang bisa membuat Anda bertahan seumur hidup:

  1. Timbal balik

Persahabatan yang langgeng bukanlah transaksional. Tugas Anda memang membantu, menyimpan rahasia, menghapus air mata, dan hanya mendengarkan saat tidak ada yang perlu dikatakan. 

Tapi perlu diketahui, berbagai kebaikan ini terjadi dua arah dan sesuai kebutuhan. Sudah seharusnya Anda dengan teman sama-sama mau memberi dan menerima manfaat dari hubungan tersebut.

  1. Memberikan ruang untuk pertumbuhan dan perubahan

Apakah hubungan itu dimulai pada masa kanak-kanak atau remaja atau awal masa dewasa, persahabatan yang langgeng dapat melewati perubahan.

Untuk itu, jangan biarkan peralihan hidup atau perbedaan gaya hidup menghancurkan persahabatan. Untuk itu persahabatan harus tetap bertahan meskipun akan ada peralihan seperti pernikahan, perpindahan tempat tinggal, kekecewaan, dan perbedaan karier atau status sosial ekonomi yang berbeda.

Selalu sempatkan untuk bertemu dengan teman Anda (unsplash)
  1. Menemukan koneksi di luar

Anda akan berteman dengan banyak masa dan keadaan dalam hidup. Hubungan yang bertahan adalah hubungan yang melampaui asal mulanya, apakah itu di sekolah, di tempat kerja, atau gereja, atau karena anak-anak Anda berteman.

Sebagai contoh, Judy baru-baru ini mengeluh karena tidak memiliki teman setelah kedua anaknya tumbuh dewasa dan pergi ke perguruan tinggi.  "Semua teman saya adalah orang tua dari teman SD dan SMA mereka," kata Judy sedih.

"Sekarang setelah anak-anak kita meninggalkan rumah, persahabatan kita juga memudar." keluh Judy.

Hal seperti yang dialami Judy tidak harus terjadi pada Anda. Jika, saat persahabatan ini terjalin, Anda menemukan kesamaan lain selain anak, majikan, atau almamater, Anda bisa tumbuh sebagai teman jauh melebihi apa yang pertama kali menyatukan Anda.

  1. Mengikis segala perbedaan

Melebur perbedaan sangat penting pada saat terjadi perpecahan politik, filosofis, dan moral. Jika Anda menghadapi perbedaan, utamakan perasaan bersama agar dapat mempertahankan persahabatan.

  1. Komitmen untuk mempertahankan persahabatan jarak jauh

Perlu diketahui, hanya perlu beberapa menit untuk menulis dan mengirim SMS, email, atau catatan atau kartu pos kepada sahabat Anda. Di zaman sekarang kita bisa mendengar suara teman tercinta di telepon atau melakukan kunjungan virtual melalui Facetime atau Zoom.

Anda dapat melakukan beberapa hal yang selalu dilakukan bersama-sama dengan sahabat, apakah itu merayakan ulang tahun secara virtual atau mengikuti perkembangan keluarga masing-masing.

  1. Toleransi terhadap jeda waktu

Adalah hal wajar ketika kadang-kadang Anda tidak mendengar kabar dari teman lama untuk sementara waktu. Hidup memang akan menjadi sibuk dan depresi dapat menyebabkan isolasi. 

Namun penting untuk tetap menunjukkan bahwa Anda peduli, dengan cara tetap berhubungan atau menjaga jarak yang wajar jika itu yang dia inginkan untuk sementara waktu.

Selain tips membangun pertemanan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi