7 Hobi yang Disukai HRD, Ampuh Diterima Kerja

| 29 Jun 2024 11:03
7 Hobi yang Disukai HRD, Ampuh Diterima Kerja
Hobi yang disukai hrd (freepik)

ERA.id - Siapa sangka, proses rekrutmen tidak hanya berfokus pada kualifikasi dan pengalaman kerja para calonnya. Menariknya, terdapat hobi yang disukai HRD yang memungkinkan peluang kerja lebih besar.

Para HRD kini mulai melirik berbagai aspek lain, termasuk hobi calon karyawan. Hobi dapat menjadi jendela untuk melihat potensi tersembunyi, karakter, dan nilai-nilai yang dianut seseorang.

Apa Saja Hobi yang Disukai HRD?

Dilansir dari laman University of The Cumberlands, berikut terdapat beberapa kegiatan menyenangkan yang dapat meningkatkan daya tarik Anda saat mengisi aplikasi resume pekerjaan:

  1. Blogging

Blogging menunjukkan bahwa Anda terorganisir, kreatif, dan memiliki motivasi diri. Blog juga memberikan kesempatan unik untuk menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda mampu menangani komitmen, mengelola waktu dengan efektif, dan menyelesaikan tugas.

Selain itu, sebagai blogger, Anda memiliki contoh kemampuan menulis yang dapat dipamerkan kepada calon pemberi kerja. Kualitas-kualitas ini sangat dihargai oleh semua perusahaan, terutama bagi mereka yang tertarik menjadi copywriter, penulis teknis, jurnalis, editor, atau pekerjaan di media sosial.

  1. Menulis Kreatif

Menulis kreatif seperti puisi dan bercerita menunjukkan keterampilan komunikasi yang baik, baik verbal maupun tulisan. Hal tersebut dapat menyoroti kekuatan Anda sebagai penulis atau editor.

Seperti blogging, Anda akan memiliki contoh tulisan yang dapat dibagikan dengan calon pemberi kerja. Hobi menulis kreatif juga sangat bermanfaat bagi seseorang yang mencari karir di bidang hubungan masyarakat, pemasaran dan desain, jurnalisme, editorial, atau media sosial.

  1. Relawan

Menjadi relawan menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda bisa bekerja dalam tim, peduli terhadap orang lain, dan menunjukkan jika Anda tidak hanya mengejar uang.

Perlu diketahui, kerja tim adalah keterampilan penting yang dicari oleh banyak pemberi kerja, terutama bagi mereka yang ingin bekerja di bidang penjualan dan periklanan.

Relawan juga menjadi salah satu cara terbaik untuk bertemu orang baru, belajar keterampilan baru, dan mendapatkan pengalaman berharga yang dapat digunakan dalam karir di masa depan.

  1. Fotografi

Hobi ini menunjukkan kesabaran, kemampuan berkonsentrasi dalam waktu lama, dan perhatian terhadap detail. Selain itu, fotografi juga bisa sangat berguna jika Anda ingin terjun ke bidang fashion atau jurnalisme.

Fotografi menjadi salah satu hobi yang disukai oleh HRD (freepik)
  1. Belajar Bahasa Baru

Belajar bahasa baru akan meningkatkan daya tarik Anda sebagai calon karyawan. Lebih dari itu, bahasa yang tepat bisa sangat penting untuk pekerjaan tertentu. Misalnya, jika Anda ingin bekerja di perusahaan Asing dan belajar bahasa bisa bermanfaat.

Menurut Investopedia, bahasa yang akan memberi Anda peluang karir yang lebih luas termasuk bahasa Spanyol, Prancis, Mandarin, Arab, Bahasa Isyarat Amerika, Rusia, Jerman, dan Portugis.

  1. Menyanyi atau Bermain Alat Musik

Bakat ini menunjukkan kreativitas, terutama jika Anda menulis musik sendiri. Kedua hobi ini juga menunjukkan disiplin, dedikasi, fokus, dan tingkat kepercayaan diri tertentu karena Anda bersedia tampil di depan umum.

  1. Seni dan Kerajinan

Hobi seperti menggambar, melukis, membuat tembikar, quilting, merajut, atau menjahit dapat menunjukkan bahwa Anda suka bereksperimen dan mencoba hal-hal baru.

Hobi seni juga mampu menghasilkan ide-ide baru dan inovatif, serta berpikiran terbuka dan kreatif. Kini peluang untuk mempelajari jenis hobi ini berlimpah, baik online maupun tatap muka.

Selain hobi yang disukai hrd, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : hobi HRD tips
Rekomendasi