Kronologi Lengkap Kasus Pelecehan Seksual yang Dilakukan Aktor Kang Ji Hwan

| 06 Nov 2020 10:42
Kronologi Lengkap Kasus Pelecehan Seksual yang Dilakukan Aktor Kang Ji Hwan
Kang Ji Hwan (Instagram)

ERA.id - Aktor Kang Ji Hwan resmi menjalani masa hukuman percobaan selama tiga tahun. Hukuman ini diberikan akibat dari buntut panjang kasus pelecehan seksual yang ia lakukan kepada dua staf perempuan pada 2019. 

Kasus pelecehan seksual yang menjerat aktor Kang Ji Hwan terjadi pada 9 Juli 2019. Saat itu Kang Ji Hwan dan rekan-rekan staf satu agensinya pergi berpesta dan minum-minuman sampai larut malam. 

Menjelang akhir pesta yang diadakan di rumah Ji Hwan ini ternyata berbuntut panjang. Kedua staf perempuan yang tersisa dijanjikan hal palsu oleh Ji Hwan dengan mengatakan akan memesankan taksi. 

Namun karena sang pemilik rumah mabuk berat, kedua staf itu memutuskan untuk membantunya pindah ke kamar dan kedua staf tidur di kamar yang berbeda. 

Saat kondisi kian larut tiba-tiba saja Ji Hwan masuk ke kamar dan mulai melakukan aksinya, melecehkan hingga memperkosa. Para korban yang panik dan masih berada di bawah pengaruh alkohol pun mencoba melawan dan mengusir Ji Hwan dari dalam kamar. 

Hilang sinyal dan terjebak

Usai berhasil mendorong Ji Hwan ke luar kamar, kedua korban mencoba untuk mencari pertolongan ke kerabat terdekat. Namun sayang, karena rumah Ji Hwan terletak sangat jauh dari pusat kota sinyal pun tak ada. 

Mereka pun panik dan terjebak selama kurang lebih 1,5 jam di dalam kamar rumah Ji Hwan di Gwangju, Gyeonggi. Untungnya ponsel mereka tersambung ke sebuah WiFi yang tak memiliki kata sandi. 

Dengan cepat mereka menghubungi kerabatnya dan meminta pertolongan ke polisi agar bisa diselamatkan. 

Keesokan harinya kedua korban langsung melaporkan kejadian itu ke pihak berwajib. Pada hari yang sama, Kang Ji Hwan ditangkap di kediamannya di kawasan Gwangju, Gyeonggi atas tuduhan pelecehan seksual dan pemerkosaan. 

Sempat membantah tuduhan karena masih mabuk

Selama menjalani proses pemeriksaan dan penyidikan, aktor yang membintangi drama Monster ini sempat membantah tuduhan yang mengarah kepadanya. Hal ini lantaran kondisi Ji Hwan yang masih dibawah pengaruh alkohol dan mengaku tak ingat apa-apa. 

Korban yang mendengar bantahan itu pun tak percaya dan menganggap Ji Hwan berbohong. Menurut kesaksian korban, Ji Hwan sempat tidur selama tiga jam sebelum melakukan aksi kejahatannya. Bahkan setelah melakukan pelecehan ia nampak sangat sadar dan tidak dalam pengaruh alkohol. 

Setelah kembali diperiksa pada 15 Juli 2019, ia pun mengakui sebagian besar perbuatan dan tuduhan yang mengarah kepadanya. 

Didepak dari drama dan agensi

Kejadian ini pun berimbas ke kariernya sebagai salah satu aktor berbakat di Korea Selatan. Namanya langsung didepak dari drama yang sedang ia bintangi, Joseon Survival. 

Bukan cuma itu saja agensi yang menaunginya, Huayi Brothers Korea juga ikut mendepak aktor 43 tahun itu. 

Dijatuhi hukuman percobaan 3 tahun

Pengadilan Tinggi Suwon telah menetapkan hukuman bagi Kang Ji Hwan atas kasus yang menjerat dirinya. Dari hasil persidangan ia dijatuhi hukuman dua tahun enam bulan dan tiga tahun masa percobaan.  

Tak hanya itu saja, ia juga diwajibkan menjalankan pelayanan sosial selama 120 jam, 40 jam perawatan terkait pelecehan seksual, dan dilarang bekerja selama tiga tahun. 

Hukuman ini lebih ringan dari tuntutan jaksa, yang menjatuhi hukuman tiga tahun penjara. Berkurangnya masa hukuman ini disebabkan kedua korban mengajukan petisi agar sang aktor tak dihukum.

Ajukan banding 

Menurut laporan Yonhap, pihak Kang Ji Hwan mengajukan banding ke Mahkamah Agung atas hukuman yang menjeratnya. Tetapi pihak MA menolak banding itu dan mengatakan kesaksian korban dari laporan awal hingga persidangan selalu konsisten dan tidak berubah-ubah. 

Kini Kang Ji Hwan harus menjalani masa hukuman percobaan selama tiga tahun. 

Rekomendasi