Mengenang Perjalanan Mediang Gatot Bramusti: Cinta, Narkoba, dan Spiritualitas

Tim Editor

Gatot Brajamusti dan Reza Artamevia (Foto: Fimela.com)

ERA.id -Gatot Brajamusti tutup usia Minggu, 8 November 2020. Pemain film dan penyanyi ini meninggal sebagai tahanan lapas Cipinang dalam usia 58 tahun. Awal mulanya Gatot terkenal sebagai guru spiritualitas Reza Artamevia.

Saat itu Reza dikabarkan depresi karena bercerai dari Adjie Massaid. Sempat menghilang selama 5 hari, Reza Artamevia ditemukan di padepokan Gatot Bradja Musti di daerah Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat.

Gatot Brajamusti kemudian dikenal dengan sebutan Aa Gatot. Tak cuma Reza, Elma Theana juga menjadi salah satu murid Aa Gatot yang setia kala itu. Dengan dua artis yang selalu mendukung, Gatot pun percaya diri masuk dunia entertaimen. 

Gatot kemudian menjajal menjadi penyanyi. Selain itu Gatot juga main film sekaligus menjadi produser film yang dibintanginya. Setidaknya ada empat judul film yang melibakan dirinya: Ummi Aminah, Azrax, Sayap Kecil Garuda, Sayap Kecil Garuda. 

Dengan kiprah tersebut, Gatot Brajamusti kemudian menjadi Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI). Sayangnya, jabatan ini justru menjadi titik balik Gatot Brajamusti. Setelah dinobatkan sebagai Ketua Umum PARFI, Gatot tertangkap atas kepemilikan sabu di Lombok, NTB. 

Kedekatan Gatot Brajamusti dengan Reza Artamevia memang kasat mata. Bisa dibilang, ketika ada Gatot, maka di situ selalu ada penyanyi bersuara khas tersebut. Seperti itu pula ketika mereka sama-sama tertangkap narkoba di Lombok, NTB.

Kala itu, Gatot Brajamusti baru saja terpilih menjadi Ketua PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) untuk yang kedua kalinya pada Kongres ke-15 yang dilangsungkan di Lombok, NTB. Pada tanggal 29 Agustus, Gatot juga akan merayakan ulang tahunnya. Reza menjadi satu diantara 8 orang yang ada di dalam kamar hotel yang ditempati Gatot Brajamusti.

Jalan hidup Gatot berubah drastis setelah menjadi tahanan. Dalam proses penangkapan, terkuak informasi yang menyebut Reza sebagai istri siri Gatot Brajamusti. 

 

Kabarnya, apartemen yang selama ini ditempati oleh Reza Artamevia bersama kedua anaknya, Zahwa dan Aaliyah dibiayai oleh Gatot Brajamusti. Bahkan disebut bahwa anak-anak Reza sudah memanggil bapak kepada Gatot. 

Gatot sendiri telah menikah beberapa kali. Istri pertamanya, Dedeh Haryati dan istri keduanya bernama Mimin. Di pernikahan ketiganya, Gatot menikahi Dewi Aminah pada 13 Agustus 1995.

Gatot Brajamusti dan Reza Artemevia (Foto: Fimela.com)

Isu Reza dan Gatot menikah siri kembali mencuat saat Gatot dituntut melakukan tindakan asusila atas CT. Reza dimintai keterangan karena disebut ikut melakukan ritual seks bersama. 

Dari sinilah terungkap fakta bahwa Gatot selama ini menggunakan sabu untuk melakukan terapi kepada 'murid'muridnya'. Namun, untuk menghilangkan kecurigaan, Gatot menyebut sabu itu dengan kata aspat. Setelah menggunakan aspat, Gatot melakukan ritual seks di padepokannya. 

Reza membantah adanya ritual seks. Dikutip dari Kompas.com, Reza Artamevia sempat menekankan Gatot Brajamusti tidak pernah melakukan ritual seks di padepokannya seperti yang dituduhkan selama ini. 

Pernyataan Reza itu disampaikan kuasa hukum Gatot, Ahmad Rifai, kepada awak media seusai persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (9/1/2017).

"Secara clear itu tidak ada yang namanya ritual seks," kuasa hukum Gatot, Ahmad Rifai.

Penyanyi Reza Artamevia juga membantah kabar yang menyebut dia telah menikah siri dengan guru spiritualnya, Gatot Brajamusti. Jawaban itu diutarakan Reza melalui kuasa hukumnya, Ramdan Alamsyah. "Saya tanya, 'Ada cerita nikah siri'. Dia jawab, 'Enggak ada'," kata Ramdan (13/9/2016).

Kini, perjalanan hidup Gatot Brajamusti yang penuh kontroversi antara cinta, narkoba, dan spiritualitas telah berakhir. Jenazah Gatot disemayamkan kemudian dikuburkan di kampung halamannya, Sukabumi. 

Tag: Aa Gatot Brajamusti Gatot Brajamusti Meninggal Gatot Brajamusti

Bagikan: