Polisi Gerak Cepat Selidiki Kasus Gisella Anastasya, Anya Giraldine, dan Jesicca Iskandar

| 10 Nov 2020 07:00
Polisi Gerak Cepat Selidiki Kasus Gisella Anastasya, Anya Giraldine, dan Jesicca Iskandar
Selain pelaporan kasus Gisella Anastasya, polisi juga menyelidiki video syur mirip Jessica Iskandar, dan Anya Geraldine.

ERA.id - Pelaporan video syur mirip Gisel, Anya Geraldine, dan Jessica Iskandar tengah diproses polisi. Ada lima akun yang dilaporkan menyebarkan video syur mirip Gisel. Selain pelaporan kasus Gisella Anastasya, polisi juga mengumumkan ada pelaporan tiga akun media sosial yang memiliki kasus mirip.

Sabtu (7/11/2020), pelaporan itu dilakukan Pengacara FD yang melaporkan 5 akun sosial yang diduga menyebarkan video seks mirip Gisel di Polda Metro Jaya. Selain itu pada tanggal 8, PRN melaporkan penyebaran video asusila. Ada tiga akun media sosial yang dilaporkan oleh PRN.

Larangan menyebarluaskan konten pornografi tertuang dalam Pasal 27 ayat (1) UU ITE. Pasal tersebut berbunyi: ‘Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan’. 

"Laporan sudah kami terima, sekarang sedang diteliti. Laporan pertama FD masuk krimsus Polda Metro Jaya. Rencana hari ini kami mengundang FD untuk meminta klarifikasi bersama dua saksi untuk memberi keterangan terkait lima akun yang menyebarkan video mirip G," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Yusri Yunus, Senin (9/11/2020).

Yusro menambahkan laporan kedua sedang dipelajari. "Ini mirip kasusnya. Ini sedang kami selidiki, kemudian meminta keterangan ahli khusus, baru gelar perkara," paparnya. 

Awalnya, video syur yang pelakunya mirip Gisel muncul di twitter dan telegram. Karena ini bukan kasus pertama bagi Gisel, Gisel pun menanggapi masalah ini dengan tenang. 

Di tengah liburannya, Gisel memberikan penjelasan kepada awak media lewat pesan singkat. "Aku bingung klarifikasinya gimana soalnya juga udah bukan kali pertama yah kena di aku. Jadi sebenernya sedih juga, cuman ya udah gak papa dihadapin aja," tulis Gisel, Minggu (8/11/2020).

Tiga hari berturut-turut Sabtu (7/11/2020) sampai Senin (9/11/2020) kasus Gisella, Jessica Iskandar, dan Anya Geraldine masuk trending di twitter. Mereka menjadi bahan permbicaraan netizen karena kasus serupa yaitu video syur yang pelakunya mirip wajah mereka. 

Rekomendasi