Menyedihkan hingga Menyisakan Misteri, 10 Artis Indonesia yang Meninggal Sepanjang Tahun 2020

| 30 Dec 2020 07:15
Menyedihkan hingga Menyisakan Misteri, 10 Artis Indonesia yang Meninggal Sepanjang Tahun 2020
Glenn Fredly (Foto: Instagram/@glennfredly309)

ERA.id - Sepanjang tahun 2020, banyak kabar duka yang menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Tak hanya pandemi Covid-19, tetapi banyak artis Indonesia yang kembali pada Tuhan. 

Kabar meninggal dunia tentunya sangat mengejutkan sejumlah publik, dan menyisakan duka dalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Berikut 10 artis Indonesia yang meninggal sepanjang tahun 2020 paling menyedihkan.

1. Lina Jubaedah

Meninggal dunia: 4 Januari 2020

Mantan istri Sule sekaligus ibunda penyanyi Rizky Febian, Lina Jubaedah menggoreskan duka di awal tahun 2020. Lina Jubaedah meninggal dunia di usia  42 tahun di rumahnya. Sontak, meninggalnya Lina secara tiba-tiba membuat publik heboh karena sebelumnya kondisinya baik-baik saja. Bahkan, Rizky Febian sempat curiga dan bertanda tanya apa penyebab kematian ibunya hingga melakukan otopsi jenazah ibunya. Namun, tidak ditemukan ada kekerasan atau racun dalam tubuh mendiang Lina. 

2. Ria Irawan

Ria Irawan (Foto: Instagram/@riairawan)

Meninggal dunia: 6 Januari 2020

Artis Ria Irawan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Diketahui, Ria Irawan bertahun-tahun berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening. Ia mulai pertama kali didiagnosis tahun 2014. Sempat sembuh, hingga terakhir pada 2019 penyakitnya datang kembali. Ria Irawan meninggal dunia di usia 50 tahun.

3. Allan Wangsa

Meninggal dunia: 4 Februari 2020

Presenter dan YouTuber Allan Wangsa menghembuskan nafas di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di usia 31 tahun. Kabar kepergiannya sempat jadi perbincangan dunia maya sebab selama ini Allan memperlihatkan kondisinya yang sehat. Allan meninggal dunia usai melawan penyakit gagal ginjal stadium 4.

4. Ashraf Sinclair

Ashraf Sinclair (Foto: Instagram/@ashrafsinclair)

Meninggal dunia: 18 Februari 2020

Suami Bunga Citra Lestari sekaligus aktor, Ashraf Sinclair meninggal dunia di usia 40 tahun. Penyebab Ashraf Sinclair meninggal karena serangan jantung. Sempat dilarikan ke Rumah Sakit MMC Jakarta Selatan, namun nyawa Ashraf sudah tidak tertolong. Ashraf Sinclair dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

5. Glenn Fredly

Meninggal Dunia: 8 April 2020

Kabar kepergian dari musisi berdarah Ambon, Glenn Fredly mengejutkan publik. Glenn Fredly meninggal dunia di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan akibat penyakit meningitis yang dideritanya dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Pelantun "Kisah Romantis" ini meninggal dunia di usia 44 tahun dan meninggalkan seorang istri dan anak yang baru berusia 2 bulan.

6. Didi Kempot

Didi Kempot (Foto: Instagram/@didikempot_offiicial)

Meninggal Dunia: 5 Mei 2020

Penyanyi senior campursari, Didi Kempot, meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo di usianya 53 tahun. Sebelumnya, pelantun "Pamer Bojo" iini berada di rumah sakit dalam kondisi tidak sadar dan diarahkan ke instalasi gawat darurat (IGD). Ia meninggal dunia karena mengalami henti jantung atau sudden cardiac arrest.

7. Omas

Meninggal Dunia: 16 Juli 2020

Pelawak Omaswati meninggal dunia di usia 54 tahun. Omas meninggal dunia karena mengidap sakit yang sejak lama telah dirasakan. Mastur, adiknya mengatakan Ommas telah lama mengidap penyakit paru-paru. Sementara, keponakannya Omas mengatakan mendiang telah lama menderita diabetes. Jenazah Omaswati disemayamkan di kediamannya di Jalan Swadaya, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. 

8. Barli Asmara

Barli Asmara (Foto: Instagram/@barliasmara)

Meninggal Dunia: 27 Agustus 2020

Desainer kenamaan Barli Asmara meninggal dunia di usia 42 tahun di Bali. Ia meninggal akibat sakit lambung. Hal ini diketahui dari status di media sosial milik kerabat sesama artis. Sebelumnya, Barli Asmara juga sempat di rawat di rumah sakit.

9. Ade Firman Hakim

Meninggal Dunia: 14 September 2020

Aktor Ade Firman Hakim meninggal dunia di RS Tarakan, Jakarta. Sebelum tutup usia, pekan lalu kondisi kakaknya sempat drop dan diisukan meninggal dunia akibat Covid-19. Adik dari Ade Firman, Dai Tirta Yusli membantah dan mengatakan jika Ade Firman meninggal dunia karena riwayat sakit asma dan pneumonia yang telah diidapnya sejak lama. Hanya saja, Ade Firman mesti dimakamkan dengan prosedur COVID-19 karena mengikuti aturan saat ini.

10. Melisha Sidabutar

Melisha Sidabutar (Foto: Instagram/@melishapricilla)

Meninggal dunia: 8 Desember 2020

Peserta Indonesian Idol, Melisha Sidabutar meninggal dunia di usia 19 tahun. Ellysia, tetangga Melisha mengatakan Melisha ditemukan ada pembengkakan di jantungnya Melisha saat difoto rontgen. Namun kabar tersebut dibantah ayah Melisha, Mounstar Sidabutar, yang menyebut putrinya tidak memiliki riwayat jantung.

Rekomendasi