Tutup Tahun 2020 Salah Satu Harapan Nikita Mirzani Tercapai, FPI Resmi Bubar

Tim Editor

Pembubaran FPI

ERA.id - Presenter sekaligus aktris tanah air Nikita Mirzani berhasil mewujudkan salah satu harapannya di tahun 2020, yaitu pembubaran resmi Front Pembela Islam (FPI). Hal ini pernah disinggung oleh Nikita melalui unggahan Instagram miliknya beberapa waktu lalu. 

Saat itu Nikita membagikan Instagram Story miliknya yang menyinggung Imam Besar FPI, Rizieq Shihab serta perilaku yang meresahkan mulai dari aksi kekerasan, intimidasi, persekusi, hingga menyebar ketakutan.  

Nikita pun mengatakan sudah saatnya FPI dibubarkan, terlebih mereka sering kali dianggap tinggi derajatnya oleh para pengikutnya. 

“Mereka merasa lebih tinggi derajatnya dari manusia di negeri ini sehingga berhak mencaci maki di balik jubah agama. Kalau polisi coba-coba, barikade manusia disiapkan. Ini adalah waktu yang tepat untuk bubarkan FPI,” kata Nikita kala itu.

Kini ucapan dan harapan Nikita pun terkabul. Menko Polhukam, Mahfud MD secara resmi membubarkan Front Pembela Islam (FPI) mulai hari ini, Rabu (30/12/2020). 

Keputusan ini pun berdasarkan legal standing yang tidak dikantongi oleh FPI sejak 23 Desember 2014 dan secara resmi telah bubar pada 21 Juni 2019. 

“Jadi dengan adanya larangan ini tidak punya legal standing. Kepada aparat-aparat pemerintah pusat dan daerah kalau ada sebuah organisasi mengatasnamakan FPI itu dianggap tidak ada dan harus ditolak karena legal standing-nya tidak ada terhitung hari ini,” ungkap Mahfud MD saat konferensi pers, Rabu (30/12/2020). 

Lebih lanjut Mahfud juga mengatakan keputusan pembubaran FPI ini sudah disetujui dan disepakati oleh enam menteri yaitu Menteri Dalam Negeri, Menteri Komunikasi dan Informatika, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Menteri Hukum dan HAM, Kepala Polri, dan Jaksa Agung.

Tag: fpi nikita mirzani Pembubaran FPI

Bagikan: