Jarang Diketahui, Berikut Manfaat Susu Untuk Tanaman

| 28 Jan 2021 08:15
Jarang Diketahui, Berikut Manfaat Susu Untuk Tanaman
Tanaman Disiram Susu (Foto: The Spruce)

ERA.id - Susu tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, melainkan berguna bagi tanaman. Menurut banyak pakar, susu adalah pupuk alami terbaik yang mampu menyuburkan tanaman dan tahan terhadap hama. Selain itu, enzim dalam susu mampu menahan pertumbuhan jamur.

Supaya tanaman tak mati dan layu, kamu harus gunakan susu yang sudah dicampurkan dengan air biasa. Dilansir dari The Spruce pada Kamis (28/1/2021), berikut manfaat susu untuk tanaman hias.

1. Dijadikan Pupuk

Kandungan susu terdiri dari vitamin B dann kalsium. Kedua kandungan ini memberikan banyak manfaat untuk tanaman. Kalsium mencegah pembusukan ujung bunga yang biasa terjadi pada tanaman tomat, paprika, dan labu. Agar tidak terjadi kesalahan, seperti takaran terlalu banyak. Maka, kamu harus hati-hati supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Jika tanaman terlalu banyak susu, maka tanaman bisa jadi rusak karena bakteri pada susu bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Selain itu, lemak yang ada di susu menyebabkan tanaman berbau busuk.

2. Jadi Pestisida

Susu juga dapat digunakan sebagai pestisida untuk membunuh hama yang ada di tanaman. Selain menyuburkan tanaman, susu menjadi salah satu pestisida dan berfungsi membunuh hama. Susu menghilangkan kutu dan mengurangi virus pada tanaman.

3. Mengurangi Munculnya Jamur

Susu dapat dijadikan sebagai pencegahan jamur. Kamu harus rajin menyemprot susu pada daun-daun tanaman saat cuaca sedang hangat maupun lembap. Jika jamur terlanjur muncul, kamu bisa terus menyemprotnya dengan susu. Nantinya, lama-kelamaan jamur bakal hilang dengan sendirinya.

Rekomendasi