Viral Video Menyuburkan Tanaman dengan Kulit Telur, Apa Manfaatnya?

| 03 Feb 2021 08:00
Viral Video Menyuburkan Tanaman dengan Kulit Telur, Apa Manfaatnya?
Telur (Foto Freepik):

ERA.id - Setelah mengolah berbagai masakan dengan bahan makanan telur, banyak orang yang membuang kulitnya. Padahal, kulit telur memiliki  banyak manfaat, salah satunya adalah menyuburkan tanaman.

Hal ini terungkap melalui akun TikTok @deetiani yang membagikan tips bagaimana menyuburkan tanaman dengan kulit telur. 

"Vitamin murah meriah, terjawab sudah kenapa ada tanaman dicangkang telur," tulis @deetiani

Pertama, kulit telur dicuci terlebih dahulu lalu dijemur dan tunggu sampai kering. Setelah itu, kulit telur diremuk menggunakan tangan. Berikutnya, masukkan kulit telur ke blender dan nyalakan. Selanjutnya, matikan jika kulit telur telah menjadi bubuk. 

Dilansir dari Los Angeles Times pada Rabu (3/2/2021), kulit telur mengandung kalsium karbonat yang bisa meningkatkan nutrisi tanaman. Bagaimana cara memanfaatkan kulit telur untuk tanaman?

1. Menjadi Kompos

Kulit telur sangat baik untuk pengomposan. Selain mudah dipecahkan, kulit telur dapat menambahkan dosis kalsium yang baik untuk tanaman.

Namun, pastikan kulit telur telah kering sebelum dimasukkan ke dalam kompos. 

Tujuannya adalah tidak menarik hama atau makhluk lain yang tidak diinginkan. Selain itu, apabila kompos cacing, kamu bisa menambahkan kulir telur ke dalam kompos untuk menjaga kadar pH-nya.

2. Menjadi Pupuk

Kamu dapat bisa memanfaatkan kulit telur sebagai pupuk untuk mencegah pembusukan ujung bunga pada tanaman tomat, paprika, hingga terong. 

Kalsium ekstra  pada kulit telur membantu mencegah pembusukan ujung bunga pada tanaman-tanaman tersebut. Selain itu, tanaman juga akan menyerap kalsium dari kulit telur sehingga tumbuh tanpa masalah. Supaya manfaatnya lebih maksimal, taburkan pecahan kulit telur di sekitar pangkal tanaman setiap dua minggu sekali.

3. Pot Bibit

Kamu bisa memanfaatkan kulit telur sebagai pot bibit. Pastikan kalau kulit telur sudah kering sebelum digunakan ya. Setelah itu, potong kulit telur hingga menjadi dua bagian lalu isi dengan sedikit tanah. Jika sudah, masukkan bibit dan siram dengan sedikit air.

Jika, kamu masih menyimpan karton telur, gunakanlah karton tersebut sebagai wadah untuk menjajarkan pot-pot kulit telur tersebut hingga siap ditanam.

4. Mencegah hewan berkeliaran di sekitar tanaman 

Ada beberapa hewan yang biasanya merusak tanaman, seperti ayam, kucing liar, dan lainnya. Beberapa hewan itu, biasanya suka buang air besar di sekitar tanaman dan mengganggu pertumbuhannya. 

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tanaman, cobalah taburkan serpihan cangkang telur pada area-area yang sering dikunjungi hewan. Kulit telur yang kasar akan membuat hewan tersebut menjauhi tanaman dan mencari tempat lain yang dianggap lebih nyaman.

5. Mengusir Hama

Kulit telur dapat digunakan untuk mengusir hama tertentu, seperti siput dan juga cacing. Jika tanaman sering dihinggapi hama tersebut, sebarkan  kulit telur di sekitar pangkal tanaman. 

Tepian cangkang telur yang keras dan kasar sangat berpengaruh untuk mengusir hewan bertubuh lunak. Sehingga, siput atau cacing pun enggan  mendekati tanaman.

Rekomendasi