Hollywood Berduka, Aktor Legendaris Christopher Plummer Meninggal Dunia

| 06 Feb 2021 16:19
Hollywood Berduka, Aktor Legendaris Christopher Plummer Meninggal Dunia
Christopher plummer (NYTimes)

ERA.id - Aktor The Sound of Music dan peraih piala Oscar untuk film Beginners, Christopher Plummer meninggal dunia di usia 91 tahun, Jumat (5/2/2021) di kediamnnya di Connecticut, Amerika Serikat.

Dilansir dari Deadline, Sabtu (6/2/2021), kabar meninggalnya Christopher Plummer dikonfirmasi oleh pihak keluarga. Plummer tutup usia saat ditemani oleh istrinya Elaine Taylor.

"Chris adalah pria yang luar biasa yang sangat mencintai dan menghormati profesinya dengan busana kunonya yang hebat, humor mencela dirinya sendiri, dan kata-katanya dengan musik," ujar menejer sekaligus sabat baik Plummer, Lou Pitt.

Pitt menuturkan, Plummer merupakan harta negra yang juga sangat mencintai asal usul Kanada-nya. "Melalui seni dan kemanusiannya, dia telah menyentuh hati kita semua dan kehidupan legendarisnya akan bertahan di semua generasi yang akan datang. Dia selamanya akan tetap bersama kita," katanya.

Plummer terkenal berkat perannya sebagai Captain George Von Trapp dalam film The Sound of Music pada tahun 1965. Di film tersebut, Plummer beradu akting dengan aktris kenamaan yaitu Julie Andrews. Film musikal klastik itu kemudian memenangkan lima penghargaan piala Oscar termasuk dalam kategori 'Best Picture'.

Pada tahun 2010, Plummer mendapatkan piala Oscar lewat film berjudul Begginers. Dia menjadi aktor tertua yang memenangkan Oscar untuk kategori aktor pendukung.

Dilansir dari Antara, Plummer memiliki karier yang panjang dan terkenal di atas panggung, dengan dua Tony Awards. Dalam film, dia juga dikenal untuk perannya The Insider, 12 Monkeys, Star Trek VI: The Undiscovered Country dan A Beautiful Mind dan dia menyumbangkan suara untuk Up, An American Tale dan Serial TV Madeline.

Pujian kritis serius pertamanya datang untuk perannya dalam Henry V di Festival Stratford pada tahun 1956. Dia bermain sebagai Iago dengan lawan main James Earl Jones pada Othello di Broadway awal 1980-an, serta dalam Macbeth bersama Glenda Jackson.

Plummer memenangkan Tony Award pertamanya pada tahun 1974 untuk musikal Cyrano dan yang kedua pada tahun 1996 untuk Barrymore yang didasarkan pada kehidupan aktor John Barrymore.

Di tahun-tahun terakhirnya, Plummer bermain sebagai pemeran pendukung termasuk dalam 60 Minutes sebagai Mike Wallace, The Insider dan sebagai Franklin Delano Roosevelt dalam telepic HBO Winchell yang disutradarai oleh Paul Mazursky.

Plummer juga mendapat Emmy untuk miniseri The Moneychangers dan satu lagi untuk narasinya tentang Madeline khusus anak-anak.

Salah satu peran Plummer yang paling berkesan dari dekade ini hanya melibatkan suaranya yakni pada film Up, dia berperan sebagai Charles Muntz, seorang penjelajah terkenal yang berubah menjadi jahat. Dia juga menyumbangkan suaranya untuk My Dog Tulip dan 9.

Rekomendasi