Webinar 'The Perks of Being Digital Native', Cara Siberkreasi Wujudkan Generasi Cakap Digital

| 27 Feb 2021 22:55
Webinar 'The Perks of Being Digital Native', Cara Siberkreasi Wujudkan Generasi Cakap Digital
Acara webinar 'Siberkreasi Hangout Online: The Perks of Being Digital Native' yang diselenggerakan Siberkreasi bersama Facebook dan Kominfo.

ERA.id - Siberkreasi bersama Facebook dan Kemkominfo mengadakan diskusi daring dengan topik 'Siberkreasi Hangout Online: The Perks of Being Digital Native', pada Kamis, (25/2/2021).

Diskusi online yang ditayangkan via kanal YouTub Siberkreasi itu menghadirkan tiga narasumber dan dimoderatori oleh Annisa Virdianasari dan Larry Nullanov yang merupakan anggota Siberkreasi.

Narasumber pertama, Donna Visca adalah seorang gamer sekaligus komentator pertandingan e-sports. Narasumber kedua, Agnes Oryza yang merupakan seorang Beauty Vlogger yang sudah berpengalaman dalam dunia kecantikan selama 12 tahun. Narasumber ketiga, Nisa An Nashr yang dikenal sebagai Travel Blogger.

Tumbuh dalam Ruang Digital

Diskusi dibuka dengan masing-masing narasumber menceritakan pengalaman dan passion mereka. Belakangan mereka setuju bahwa teknologi memudahkan mereka untuk memberikan informasi dan edukasi terkait passion yang mereka miliki kepada khalayak yang lebih luas, dengan cara mudah dan cepat.

Pemaparan pertama oleh Donna Visca sebagai gamer sejati yang percaya bahwa pesatnya perkembangan teknologi memudahkan para gamer dalam mengeksplorasi lebih game yang beragam dengan lebih cepat. Menurut Donna, dunia digital juga berdampak besar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberadaan olahraga elektronik sebagai wadah anak muda berprestasi, yang secara resmi didukung oleh pemerintah melalui Piala Presiden Esports.

“Karena masih bisa terbilang baru, jadi field-nya masih gede banget untuk kita cari keuntungan di dalam game dan e-sports itu tersebut. Jadi masih terbuka lebar lah, apalagi kita melakukannya dengan passion, jadi lebih terasa enak!” tutur Donna.

Pemaparan kedua datang dari pengalaman Agnes Oryza dalam membangun komunitas dan kemudahan berbagi informasi dan edukasi seputar dunia kecantikan melalui media sosial. Agnes percaya bahwa dengan adanya internet, tersedianya platform untuk berbagi pengalaman, bermanfaat untuk memperluas pengetahuan dalam ranah merawat diri melalui skin care, hair care, dan produk perawatan lainnya yang tentunya berbeda-beda bagi setiap orang.

Dengan berbagi lewat sosial media, komunikasi yang terjalin menjadi 2 arah yang membuat pengetahuan makin kaya, dengan saling mendukung yang memperkuat semangat masing-masing pencinta dunia kecantikan dalam mencoba produk-produk baru yang beragam.

Pemaparan ketiga oleh Nisa An Nashr yang sukses menginspirasi para audience untuk eksplorasi lebih berani di tanah air karena tidak kalah menarik dari destinasi wisata di luar negeri! Tidak hanya itu, Nisa juga percaya bahwa adanya sosial media yang memudahkan orang untuk mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata lokal, berdampak positif untuk menguatkan industri pariwisata yang menjadi salah satu industri terbesar dan paling berpengaruh bagi perekonomian Indonesia.

Perlu Cakap dan Kritis

Ketiga narasumber sadar bahwa banyak sekali keuntungan dari era digital bagi semua orang yang ingin memanfaatkan teknologi dengan cara yang positif dan berdampak baik untuk masa depan. Mereka juga percaya, untuk mewujudkan masyarakat yang cakap teknologi juga diperlukan kepedulian dan kredibilitas dalam setiap informasi yang akan disebarluaskan. Salah satu kunci untuk menjadi content creator yang sukses adalah konsisten dalam membuat materi yang edukatif sekaligus menghibur dengan cara masing-masing.

Pada akhirnya, ketiga narasumber percaya bahwa setiap orang yang hidup dalam era digital harus berusaha memulai memanfaatkan teknologi dengan baik melalui berkarya untuk membuat materi yang positif dan edukatif. Dimulai dari mencari tahu passion dalam diri sendiri, berani untuk terus mencoba, tidak pernah patah semangat untuk membuat inovasi-inovasi baru yang dapat menginspirasi orang lain.

Diharapkan juga dengan kemudahan mengakses informasi di era digital ini, meningkatkan kesadaran setiap pengguna teknologi untuk lebih kritis terhadap apa yang telah disajikan dengan tidak percaya hoaks dan bertanggung jawab atas apa yang menjadi materi yang disebarluaskan.

Webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab sampai dengan selesai acara. Selengkapnya, bisa dilihat di Kanal YouTube Siberkreasi.

Informasi mengenai kegiatan webinar edukatif seputar generasi digital Siberkreasi berikutnya dapat dipantau di Instagram dan facebook @siberkreasi.

Rekomendasi