Sosok di Foto Lawas 'Hidup Lagi' Lewat Teknologi AI Deep Nostalgia

| 01 Mar 2021 13:58
Sosok di Foto Lawas 'Hidup Lagi' Lewat Teknologi AI Deep Nostalgia
Ilustrasi foto kliasik. (Foto: Sheryl Vincente)

ERA.id - Bila kamu sempat membuka Twitter hari Minggu kemarin, mungkin kamu punya peluang menemukan percakapan atau retweet soal wajah-wajah dari foto klasik yang tampak tersenyum dan mengedipkan mata berkat teknologi kecerdasan buatan (AI) Deep Nostalgia.

Layanan Deep Nostalgia, yang bisa diakses online via situs web MyHeritage, menggunakan teknologi AI dari D-ID untuk menciptakan efek sehingga seakan-akan foto dalam gambar bisa bergerak.

Pengguna iOS Apple mungkin pernah menemukan fitur seperti ini dari aplikasi Live Photos, di mana untuk setiap jepretan yang diambil akan dilengkapi video beberapa detik agar si fotografer bisa memilih frame pemotretan yang paling bagus.

Bedanya, Deep Nostalgia ini bisa digunakan semua jenis telepon pintar dan semua jenis kamera. Seperti dilansir The Verge, program ini menyediakan suatu register video gerakan wajah, dan sistem akan menentukan video mana yang paling sesuai dengan bentuk wajah dalam potret.

Salah satu tujuan program ini adalah agar seseorang bisa mengunggah foto klasik kerabat mereka yang telah tiada dan melihatnya 'hidup kembali'.

Beberapa orang sudah mencoba menggunakan program video ini, dan hasilnya cukup mengagumkan.

Alexander the Great

Pengguna program ini hanya perlu mengunggah foto wajah, bisa klasik atau baru, lewat situs MyHeritage. Foto kemudian akan diproses secara otomatis dan akan memunculkan versi animasinya dalam bentuk gambar GIF.

Situs ini menyatakan tidak akan membagi gambar-gambar terunggah ke pihak manapun. Dan di halaman muka situs ini tertulis "foto yang terunggah oleh pengguna yang tak mendaftarkan diri akan otomatis terhapus guna melindungi privasi."

Tak heran program ini menjadi mainan bagi penggemar gambar meme di Twitter. Tak sekadar mengunggah foto kerabat. Beberapa pengguna bahkan menggunakan foto patung Alexander the Great.

Perlu diketahui, Deep Nostalgia ini hanya akan memproses animasi ke wajah. Jadi, jangan berharap kamu bisa memotret mumi, dan melihatnya berjalan seperti di kartun Scooby Doo.

Kamu bisa mengunggah lima foto secara gratis di MyHeritage. Setelah itu MyHeritage akan meminta kamu untuk membuat akun berbayar.

Rekomendasi