Harus Diwaspadai Karena Bisa Mematikan, Inilah 6 Tanaman Hias Beracun

| 07 Oct 2021 08:00
Harus Diwaspadai Karena Bisa Mematikan, Inilah 6 Tanaman Hias Beracun
Mountain Laurel (Foto: Instagram/@gilbertiesorganics)

ERA.id - Selain mempercantik rumah, tanaman hias bisa membuat rumah semakin sejuk dan dipercaya membawa energi positif bagi penghuninya. Namun, siapa sangka di balik tanaman hias yang cantik. Ternyata ada beberapa tanaman hias yang beracun.

Bahkan, tak jarang tanaman hias beracun ini tidak sengaja dikonsumsi oleh anak-anak maupun hewan peliharaan di rumah. Dampak buruknya bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, sebaiknya kamu berhati-hati dalam memilih tanaman yang beracun. Berikut 6 tanaman hias beracun, seperti dilansir The Spruce.

1. Bittersweet Nightshade

Bittersweet Nightshade (Foto: The Spruce)
Bittersweet Nightshade (Foto: The Spruce)

Bittersweet nightshade adalah gulma kayu yang sangat umum dan berbahaya untuk dimiliki, apalagi di sekitar anak-anak. Sebab, buah beri berwarna cerah ini mempunyai ingkat toksisitas tertinggi bagi manusia dan hewan yang konsumsi buah ini. Sayangnya, semua bagian tanaman (kulit kayu, daun, getah) beracun.

2. Chinese Lanterns

Chinese Lanterns (Foto: The Spruce)
Chinese Lanterns (Foto: The Spruce)

Terkait dengan bittersweet nightshade, daun dan buah dari tanaman chinese lanterns juga beracun. Biasa ditanam oleh penggemar kerajinan, warna awal kulit buahnya adalah hijau. Warna ini berubah menjadi kuning di akhir musim panas dan pada musim gugur.

3. Foxglove

Foxglove  (Foto: The Spruce)
Foxglove  (Foto: The Spruce)

Foxgloves adalah tanaman dua tahunan tinggi dan berbunga yang tumbuh baik di tempat dengan naungan kering. Tanaman ini mekar dengan banyak bunga berbentuk tabung, sering berbintik-bintik, yang terbentuk pada lonjakan warna mulai dari ungu hingga putih. Tanaman dikonsumsi oleh rusa dan kelinci. Jika, dikonsumsi oleh manusia, bunga, daun, akar, dan batangnya adalah salah satu spesimen paling beracun.

4. Mountain Laurel

Mountain Laurel (Foto: The Spruce)
Mountain Laurel (Foto: The Spruce)

Jika kamu tinggal di negara bagian timur Amerika Utara, mungkin memiliki beberapa mountain laurel yang tumbuh liar di halaman belakang rumah. Mountain laurel gunung juga dijual di pembibitan, termasuk laurel 'Minuet' yang indah. Mountain laurel, azalea, dan rhododendron, termasuk dalam keluarga heath dan kulit kayu, getah, daun, dan bunganya beracun.

5. Castor Bean

Castor Bean (Foto: The Spruce)
Castor Bean (Foto: The Spruce)

Castor Beans adalah tanaman tropis yang banyak ditanam sebagai tanaman tahunan di iklim utara, sering kali sebagai tanaman pot untuk teras, dek, atau beranda. Daun, tangkai, dan kepala biji semuanya menarik. Pencahar, minyak jarak, berasal dari tanaman biji jarak, tapi begitu juga racun mematikan.

6. Yew Shrubs

Yew Shrubs (Foto: The Spruce)
Yew Shrubs (Foto: The Spruce)

Yew Shrubs dapat tumbuh di bawah sinar matahari atau teduh. Naungan tanaman ini memberi desainer lanskap pilihan penting di area yang menantang. Tapi buahnya yang berdaging dan berwarna merah cerah mengandung biji yang beracun. Daun seperti jarum beracun bagi manusia dan hewan.

Rekomendasi