Miss World Malaysia 2021 Sebut Kain Batik dari Malaysia Diprotes Netizen Indonesia, Begini Penjelasannya

| 21 Oct 2021 14:20
Miss World Malaysia 2021 Sebut Kain Batik dari Malaysia Diprotes Netizen Indonesia, Begini Penjelasannya
Lavanya SIvaji (Instagram)

ERA.id - Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji digeruduk netizen Indonesia lantaran menyebutkan kain batik dari Malaysia.

Hal itu dituliskan Lavanya di akun Instagramnya yang terlihat mengunggah foto menggunakan batik. Pada keterangannya, Lavanya berbicara soal batik, di mana batik melambangkan keberagaman di antara orang Malaysia.

"Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," ujar Lavanya di akun Instagramnya lavanyasivaji, dikutip Kamis (21/10/2021).

Tak pelak, caption di Instagram itu langsung menuai kritik pedas dari warganet asal Indonesia.

"Bukannya Batik Asli Dari Indonesia dan Diakui Oleh Dunia. Bahwa Batik Adalah Warisan Budaya Indonesia," kata ahkmadfarikhi21.

"BATIK FROM INDONESIA," kata netzznn_.

Tak lama, Lavanya kembali dan menyampaikan permintaan maaf dan menjelaskan tulisannya yang dianggap telah menyinggung masyarakat Indonesia.

"Hai semuanya! Teruntuk para pageant lovers, khususnya di Indonesia. Saya harap kalian dalam keadaan sehat. Pertama-tama saya ingin meminta maaf jika saya sudah menyinggung siapapun untuk unggahan saya ini," kata Lavanya.

Lavanya sendiri mengakui kalau batik berasal dari Jawa. Namun, ia menjelaskan juga bahwa ada negara lain yang juga menyerap unsur budaya batik.

"Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa begitu juga dengan desain dan sejarahnya. Namun, tak sedikit ada negara lain yang mempraktikkan budaya tersebut, antara lain Malaysia, Sri Lanka, India, dengan desain & motifnya masing-masing," katanya.

Atas ucapannya, Lavanya berterima kasih karena telah diingatkan untuk menghormati budaya serta tradisi.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah mengingatkan saya untuk menghormati akar, budaya, & tradisi kita. Setiap kali saya memakai Batik, saya bisa merasakan kekuatan dari seorang wanita sejati. Kami memiliki kekuatan super. Kami adalah penyembuh. Kami adalah para ibu," pungkasnya.

Tak tahan dengan komentar para netizen Indonesia, ia akhirnya menutup kolom komentar di Instagramnya.

Rekomendasi