Dorce Gamalama Berwasiat Ingin Dimakamkan Sebagai Wanita, Gus Miftah Angkat Bicara: Melanggar Syariat

| 29 Jan 2022 22:00
Dorce Gamalama Berwasiat Ingin Dimakamkan Sebagai Wanita, Gus Miftah Angkat Bicara: Melanggar Syariat
Dorce Gamalama (Instagram)

ERA.id - Keinginan Dorce Gamalama dimakamkan sebagai wanita apabila meninggal dunia, sudah lama sering ia ungkapkan. Belakangan, di tengah sakit yang menimpanya artis trangender itu kembali mengungkap wasiatnya.

Namun, kali ini ungkapan Dorce Gamalama direspons oleh Gus Miftah. Secara tegas ia menyatakan bahwa itu merupakan hal yang melanggar syariat Islam.

"Wasiat itu harus dilaksanakan ketika ada kebaikan di dalamnya, tidak ada kemaksiatan apalagi melanggar syariat. Tapi kalau wasiat itu melanggar syariat, melanggar perintah agama, ya tentunya wasiat itu tidak harus dilakukan," kata Gus Miftah dalam YouTube Official NIT NOT.

Ia menambahkan bahwa, hal itu pernah didengar sendiri. Selain tentang dimakamkan sebagai wanita, Dorce berwasiat untuk tak usah diselengarakan acara doa tahlil 40 hari.

"Saya dengar ada beberapa wasiat, ya kayaknya ya dari beliau. Itu salah satu yang saya dengar itu nggak usah ada upacara doa tahlil 40 hari. Terus kemudian, yang kedua soal dia minta untuk dimakamkan secara perempuan," sambungnya.

Gus Miftah lantas membeberkan bahwa ada orang yang berjenis kelamin ganda yang terbukti dalam catatan medis seperti Aprilio Manganang.

"Jadi yang pertama, dalam Surat Al Hujurat itu, Allah menciptakan kelamin itu cuma ada dua, jadi jenis laki-laki dan perempuan. Kemudian dalam fiqh itu ada jenis kelamin yang ketiga namanya, Khunsa," imbuhnya.

Berkaitan dengan yang dialami Dorce, Gus Miftah menjelaskan bahwa setiap manusia saat meninggal dunia, maka harus dikebumikan kembali seperti sebagaimana seseorang itu dilahirkan.

"Nah, yang saya dengar tentang Bunda Dorce ini, kalau beliau dulu yang saya dengar ya beliau kan terlahir sebagai laki-laki, kemudian dioperasi transgender menjadi seorang perempuan. Nah, bagaimana kalau kondisi seperti ini? Artinya, pengebumiannya sepanjang yang saya tahu, yaitu kembali ke kodrat asal dulu dia dilahirkan," lanjutnya.

"Siapa pun yang lahir (laki-laki atau perempuan), sesuai dengan jenis kelaminnya ya itulah cara dia dimakamkan," tutupnya.

 

Kami juga pernah menulis soal Beredar Kabar Penggunaan Galon Air Minum Berulang Mengancam Kesehatan, Hoaks atau Fakta? Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi