Bioskop di Oklahoma Dikecam Usai Pasang Peringatan Ciuman Sesama Jenis di Film Lightyear

Tim Editor

Lightyear (Dok: Pixar)

ERA.id - Sebuah bioskop di Oklahoma, 89er, mendapat kecaman usai memasang papan peringatan adegan ciuman sesama jenis di film Lightyear. Tanda itu terpasang tepat di luar teater selama akhir pekan sejak film tersebut dirilis.

Dilaporkan oleh NBC News, unggahan peringatan itu berisikan pesan kepada orang tua tentang adanya ciuman sesama jenis di film Lightyear. Pihak bioskop bahkan memperingati orang tua agar menjaga anak-anaknya sepanjang 30 menit pertama film diputar.

"Perhatian Orang Tua: Manajemen teater ini menemukan setelah memesan 'Lightyear' bahwa ada adegan ciuman sesama jenis dalam 30 menit pertama film Pixar. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk mempercepat melalui adegan itu, tetapi itu mungkin tidak tepat," bunyi peringatan tersebut.


Salah satu pemilik bioskop, Barry Reid, mengatakan papan peringatan tersebut telah dihapus dan tidak ada sensor apa pun sepanjang film diputar. Reid mengatakan peringatan itu adalah sebuah kesalahan internal yang sudah diperbaiki.

"Itu kesalahan internal dan sudah diperbaiki. Itu tidak akan terjadi lagi," kata Reid, dikutip CNN, Jumat (24/6/2022).

Meski telah menyampaikan klarifikasi, warga setempat Patricia Kasbek, mengatakan keputusan bioskop memasang papan peringatan tersebut adalah sebuah lelucon yang sangat kejam. Kasbek juga mengatakan bahwa pihak bioskop telah melakukan penghinaan.

"Saya mengatakan kepada mereka bahwa itu benar-benar menghina bagi mereka untuk menyensor ciuman sesama jenis ketika mereka tidak pernah melakukan ini pada ciuman lawan jenis. Saya tidak akan pernah melihat film di teater ini saat berada di bawah kepemilikan ini," ucap Kasbek.

Kecaman atas aksi bioskop itu juga muncul dari wakil direktru organisasi advokasi LGBTQ Oklahomans for Eqyality, Alex Wade. Wade menyebut ia kecewa dan hancur begitu tahu adanya papan peringatan tersebut.

"Saya tidak terkejut melihat hal seperti ini terjadi di negara bagian saya, tetapi hati saya hancur bahwa LGBTQ+ muda Oklahoman dibuat merasa ada yang salah dengan mereka," kata Wade.

"Inilah sebabnya kami mengembangkan cabang di pedesaan Oklahoma untuk menunjukkan kepada semua orang bahwa ada orang di sudut mereka," tambahnya.

Lalu, kata Wade, pasangan sesama jenis yang menunjukkan kasih sayang lewat ciuman tidak boleh diperlakukan secara eksplisit. Begitu juga dengan pihak bioskop yang tidak boleh melakukan 'diskriminasi' terhadap kaum LGBTQ.

"Jika ini adalah pasangan heteroseksual, teater bahkan tidak akan pernah berpikir untuk melewatkannya, karena pasangan heteroseksual diberikan anugerah untuk mesra tanpa merasa malu," tegasnya.

Film Lightyear yang dibintangi oleh Chris Evans merupakan spin-off dari Toy Story yang menceritakan asal usul Buzz Lightyear. Film ini mengalami sejumlah penolakan tayang lantaran menampilkan adegan LGBTQ.

Beberapa negara, termasuk Malaysia, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab melarang penayangan film tersebut di bioskop. Hal ini tak lain karena adanya adegan ciuman sesama jenis. Sementara itu, Lightyear gagal di box office dalam debutnya dengan hanya meraup USD51 juta (Rp757 miliar).

Tag: Lightyear LGBTQ adegan ciuman sesama jenis film lgbtq

Bagikan: