Daya Tahan Baterai iPhone XS-XS Max Ternyata Lebih Boros

Tim Editor

Iphone XS (PhoneArena)

Jakarta, era.id - iPhone XS dan iPhone XS Max jadi ponsel teranyar yang dirilis Apple. Tampilannya pun serupa, yang membedakan hanya kapasitas baterai yang lebih besar.

Di mana kapasitas baterai milik iPhone XS Max jadi yang paling jumbo dengan 3.174 mAh. Sedangkan saudaranya, yaitu iPhone XS yang punya baterai 2.658 mAh. 

Namun apa jadinya jika daya tahan baterai keduanya tak lebih baik dari seri ponsel pendahulunya. Malah terkesan lebih boros dan cepat habis dibandingkan dengan iPhone X yang dirilis 2017 lalu.

Pengujian itu dilakukan oleh Tom's Guide, Kamis (27/9/2018), dengan menyalakan seluruh fitur ponsel tersebut secara non-stop. Hasilnya, iPhone XS dapat digunakan untuk browsing internet tanpa henti selama 9 jam 41 menit selama pengujian. Sedangkan iPhone XS Max punya selisih satu jam lebih unggul, yakni dengan catatan waktu 10 jam 38 menit. 

Daya tahan baterai iphone XS

Jika dibandingkan dengan iPhone X tahun 2017, kedua ponsel ini punya catatan waktu daya tahan baterai yang lebih singkat. Lantaran iPhone X mampu bertahan untuk digunakan browsing terus menerus selama 10 jam 49 menit, dan hanya selisih beberapa menit ketimbang iPhone XS Max.

Namun kalau dibandingkan dengan smartphone Android flagship saat ini, iPhone XS dan iPhone XS Max bakal tertinggal jauh soal daya tahan baterai melawan Huawei P20 Pro yang mampu bertahan sampai lebih dari 14 jam serta Google Pixel 2 XL yang bisa tahan hingga lebih dari 12 jam

Bentuk baterai yang tak biasa

Selain daya tahan baterai yang ternyata enggak lebih baik dari pendahulunya. Ternyata Apple juga menerapkan desain batreai yang tak lazim seperti ponsel kebanyakan. Ya bentuk baterai iPhone teranyar itu diketahui setelah, situs reparasi FixjeiPhone membongkar iPhone XS untuk melihat isi jeroannya.

Terlihat bahwa iPhone XS menggunakan desain baterai yang tak biasa, karena berbentuk “L”. Desain seperti itu dikarenakan baterai iPhone XS terdiri dari satu baterai tunggal.

Bentuk baterai iPhone XS

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, Apple juga mendesain baterai berbentuk L hanya saja saat itu ada dua baterai yang disusun secara vertikal dan horizontal, menyerupai huruf L.

Diejek vendor pesaing

Tak heran jika, vendor pesaing Apple mengolok-olok daya tahan baterai iPhone terbaru. Bukan tanpa alasan, sebab jika melihat kompetitornya di jagat Android, baterai iPhone terbaru terhitung kalah besar dan tahan lama.

Sebut saja Samsung Galaxy Note 9 hadir dengan baterai 4.000 mAh, mengalami peningkatan dari seri sebelumnya Note 8 yang punya kapasitas baterai 3.500 mAh. Lalu, Oppo menyematkan baterai berkapasitas 3.730 mAh pada Find X standar. 

Bahkan, jika disandingkan dengan Xiaomi melalui sub-brandnya, Poco melalui smartphone Pocophone F1, smartphone menengah ini punya daya baterai 4.000 mAh.

Bahkan Huawei sempat mengusili antrean pembeli iPhone di Singapura dengan membagi-bagikan Powerbank. Karena daya tahan baterai iPhone yang kecil.

Tag: produk apple iphone xs

Bagikan: