Robot Pepper Sampaikan Aspirasi di Parlemen Inggris

Tim Editor

Pepper di Parlemet Inggris (Metro.co.uk)

London, era.id - Untuk pertama kalinya, sebuah robot berpartisipasi dalam sebuah sidang parlemen di Inggris. Robot bernama Pepper yang dikembangkan SoftBank Robotics Jepang, unjuk kebolehan tentang bagaimana kecerdasan buatan dapat membantu dunia pendidikan.

Melansir laman media Inggris, Metro dan The Guardian, Senin (22/10/2018) robot berbentuk humanoid itu lengkap dengan sepasang tangan dan empat buah mikrofon serta dua kamera beresolusi HD. Tak hanya itu Pepper juga dilengkapi layar sentuh yang terpasang di dadanya. 

Di sidang parlemen, Pepper ikut terlibat dalam sebuah penelitian bersama para mahasiswa dari Middlesex University London. Kehadiran Pepper dalam sidang parlemen pun bukanlah sebuah gimik semata, karena ia mampu merespons pertanyaan setiap anggota parlemen yang hadir.

“Ini bukan tentang seseorang yang membawa robot mainan elektronik dan melakukan demonstrasi. Ini tentang menunjukkan potensi robotik dan kecerdasan buatan dan dampaknya pada keterampilan,” kata ketua Komite, Robert Halfon, dilansir Metro.



Secara fasih Pepper menjelaskan tentang perannya di Universitas Middlesex, dalam menerapkan fungsi dan perannya di masyarakat. 

"Robot akan memiliki peran penting untuk dimainkan, tetapi kami juga akan membutuhkan keterampilan lembut yang unik dari manusia untuk merasakan, membuat dan memperoleh nilai dari teknologi," ungkap Pepper menjelaskan di hadapan anggota komite.

Selain itu, rapat tersebut juga dinilai penting, untuk memastikan bahwa manusia tidak dikuasai oleh ciptaannya sendiri, serta menjamin teknologi ini bisa berhasil diintegrasikan dan mudah dipahami dalam dunia pendidikan.
 
 

Tag: robot pepper pengembangan robot parlemen inggris

Bagikan: