Lima Makanan Anti-Kedaluwarsa

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Untuk kamu yang hobi ngemil, pasti sering banget nyetok makanan di rumah. Tujuannya biar enggak repot-repot beli ke warung, atau belanja ke minimarket kalau lagi kepengen. 

Tapi biasanya makanan dalam kemasan terbuang sisa-sia begitu saja, karena tanggal kedaluwarsanya yang sudah jatuh tempo. Kalau sudah gitu jadi mubazir deh makanannya.

Tapi tenang, kita punya alternatif makanan untuk stok kamu ngemil yang dijamin panjang umur alias enggak akan kedaluwarsa. Mau tahu apa saja? Baca artikelnya yuk.

1. Madu
1. Madu(Ilustrasi: medicalnewstoday.com)

Madu adalah jenis makanan di urutan pertama yang enggak bakal bisa kedaluwarsa. Sebelumnya, para ilmuwan pernah menemukan madu dalam pot tanah liat yang dikubur dalam tanah. Konon, madu itu berasal dari zaman Mesir kuno. Saat diuji, madu itu masih punya rasa yang manis dan enak, padahal sudah ribuan tahun tersegel dan dikubur.

Rahasia anti-kedaluwarsanya madu adalah kandungan gula alaminya yang tinggi. Madu juga bersifat asam, jadi bakteri enggak bakal bisa merusak madu meski sudah berusia ribuan tahun.

Madu juga dikenal sebagai makanan dengan banyak manfaat untuk kesehatan. Ada kandungan antioksidan dan mampu mengatasi batuk. Hebatnya, madu juga bisa membantu menyembuhkan luka atau luka bakar sekalipun.

2. Susu bubuk

2. Susu bubuk(Foto: fullcreammilkpowder.biz)

Susu sapi yang asli umumnya hanya bisa bertahan dua minggu aja meski disimpan dalam kulkas. Tapi susu sapi dalam bentuk bubuk lebih dari itu gengs.

Susu kering penuh lemak bisa bertahan cukup lama, antara 2-5 tahun. Tapi, susu kering tanpa lemak lebih lama lagi, bisa sampe 25 tahun lho.

Biar tahan lama, kita harus simpan susu bubuk itu di dalam tempat yang sejuk dan kering. Susu yang berbau bukan susu ketika kemasannya dibuka berarti udah basi atau kedaluwarsa tuh.

Inget ya gengs, ini cuma berlaku untuk susu bubuk aja, bukan susu formula yang daya tahan simpannya cuman setahun aja.

3. Pasta kering

3. Pasta kering(Foto: italianfoodexperts.com)

Sekarang, beberapa makanan kan udah dibikin instan dalam kemasan tuh. Tinggal masak aja sebelum dimakan. Salah satunya ya pasta kering yang banyak dijual di pasaran.

Tau enggak kalian kalau pasta kering juga bisa bertahan lama. Daya tahannya bisa mencapai 2-3 tahun lho. Umur penyimpanan pasta kering bahkan bisa diperpanjang hingga 8 atau 10 tahun. Kalo tertutup rapat ya! Makanya, simpan makanan kalian di tempat yang sejuk dan kering gengs.

Sementara, saus tomat atau saus kalengan gitu, umur penyimpanannya bisa mencapai 18 bulan hingga 24 bulan lho. Hebat yak!

4. Beras

4. Beras(Foto: realsimple.com)

Beras yang ditanak terus jadi nasi tuh makanan rata-rata orang Indonesia sehari-hari. Dan tahukah kalian kalo makanan ini ternyata berusia panjang juga lho. Umur penyimpanannya bisa mencapai 30 tahun. 

Asalkan disimpan di tempat yang kering dan sejuk juga. Gak kena panas matahari langsung atau tempat lembab. Ini berbeda dengan beras merah yang meskipun dianggap lebih sehat dan bergizi, ternyata cuma bisa bertahan selama 4 sampe 6 bulan aja.

Ada yang berpendapat bahwa beras yang biasa kita makan justru akan bertahan selamanya, jika kita simpan di dalam lemari pendingin alias kulkas.

5. Kopi bubuk instan

5. Kopi bubuk instan(Foto: brewminate.com)

Kabar gembira buat para pencinta kafein nih. Dalam suhu kamar, kopi instan pun punya nasib yang sama. Mereka bisa bertahan antara 2 tahun hingga 20 tahun lamanya.

Sama kayak beras juga, ada yang berpendapat kalo kopi instan akan bertahan seumur hidup bila disimpan dalam lemari pendingin juga. Kopi instan bergranula kabarnya bisa bertahan hingga 2 tahun. Sementara kapi bubuk dengan krim bisa bertahan selama 18 bulan hingga 2 tahun loh.

Tag: manfaat makanan

Bagikan: