Ajakan Hijrah Wali dalam Single Religi Terbarunya

| 14 May 2019 12:27
Ajakan Hijrah Wali dalam <i>Single</i> Religi Terbarunya
Ilustrasi (Foto: Instagram @bandwaliofficial)
Jakarta, era.id -  Sepertinya sudah menjadi kebiasaan positif bagi grup band Wali untuk selalu merilis single atau album religi ketika Ramadan tiba. Tahun ini, band yang berbasis 'santri' ini merilis single berjudul Kuy Hijrah.

Terdengar seperti ajakan hijrah yang bersahabat dan gaul bila dicermati dari judul lagu tersebut. 

Alih-alih menggunakan kata 'yuk', para personel Wali yang terdiri dari Apoy (gitar), Faank (vokal), Ovie (kibor), dan Tomi (drum) menggunakan kata sebaliknya, 'kuy'. Tujuannya agar terdengar lebih bersahabat dan menarik generasi muda. Ya, saat ini sudah terlalu banyak para hijrahwan dan hijrahwati yang terkesan lebih memaksa. 

Menurut Faank kepada era.id, Selasa (14/5/2019), penggunaan kata yang lebih gaul ini adalah bentuk strategi sederhana mereka agar dapat menyentuh kaum milenial saat ini. 

"Ini kan strategi dakwah. Ya gunakan bahasa dakwah dalam sebuah kaum. Ya udah, 'kuy', yang penting kan ini cuma persoalan diksi, masalah konten kan yang mau disampaikan ke mereka," tutur Faank. 

Secara musikalitas, Wali mencoba warna musik yang masih menjadi ciri khas mereka. Kalau lagu-lagu mereka sebelumnya seperti Cari Jodoh atau Bocah Ngapa Yak memiliki unsur pop dengan sentuhan melayu yang jenaka. Kali ini menurut Apoy, sang komposer, musiknya lebih light dengan gaya lagu himne.

"Opening lagunya ada konsep musik marching band dan mars. Namun saat pindah ke refrain, dengan mudah pendengar akan merasakan ciri khas Wali," ujar Apoy. 

 

 

Single ini yang dirilis melalui label Nagaswara ini diceplokasn ke dalam album kompilasi religi bertajuk Melodi CInta Ramadan 2019 yang juga menampilkan belasan artis Nagaswara lainnya seperti Merpati Band, 2RT, Susi Ngapak, Datuk Band, Sella Selly, dan lainnya.

Supaya kamu tahu. Kuy Hijrah. juga dinobatkan sebagai single soundtrack sinetron religi Amanah Wali 3 yang ditayangkan di RCTI selama Ramadan, di mana para personil Wali menjadi pemeran utamanya. 

 

Tags : album musik
Rekomendasi