Mengenal Strong by Zumba Khusus Buat Kaum Hawa

Tim Editor

Strong by Zumba (Foto Lui Mufaza)

Bandung, era.id - Kalau bicara soal Zumba, pikiran kita bakal terarah pada olahraga yang isinya gerakan koreo dari musik latin. Bisa dibayangkan betapa serunya gerakan olahraga yang diiringi musik latin, begitu energik dan sanggup membakar lemak yang betah menempel di tubuh.

Zumba sudah jamak yang tahu, diciptakan oleh koreografer Kolombia Alberto 'Beto' Perez di tahun 90an. Seiring dengan berkembangnya dunia olahraga dan eksistensi Zumba yang hits di kalangan kaum hawa, belum lama ini muncul nama Strong by Zumba.

Intan Bestari trainer Strong by Zumba Sensa Studio Bandung bilang kalau olahraga ini jelas berbeda dengan Zumba. Selama ini Zumba identik dengan tarian latin yang gerakannya tercipta dari ketukan dalam lagu.

"Olahraga ini baru masuk ke Indonesia sekitar dua tahun yang lalu dan diperkenalkan oleh Ai Lee Syarief, gerakannya pada olahraga ini benar-benar terstruktur, mulai dari pemanasan, gerakan squat, burpee sampai streaching harus sesuai dengan gerakan musik yang sudah ditentukan," jelas Intan beberapa hari lalu.

Untuk musik sendiri, olahraga iin memiliki standar musik yang dipakai. "Kalau Zumba, kita bisa pakai musik apapun yang penting beritme latin, kalau strong beda. Terlebih dahulu kita tentukan gerakan, setelah itu kita bisa menentukan musik yang sesuai buat setiap gerakan yang ada di strong zumba," ulasnya.



Keunggulan utama dari olahraga ini, kata Intan bukan hanya bisa membakar lemak secara optimal tapi sangat bagus untuk pembentukan otot mulai dari lengan, perut, pinggang, perut, belakang pinggul, bokong sampai paha agar tidak kendor.

"Untuk durasi yang dibutuhkan sekitar 45 menitan saja, kami ngebedain kok untuk yang baru pertama kali ikutan biasanya kami memberikan gerakan yang sederhana di kuadran pertama, itu tidak menggunakan gerakan push-up. Sampai kuadram 4 baru adanya gerakan yang lengkap di mana setalah push-up, akan ditambah gerakan melompat, lalu masuk ke tahap pendinginan," papar Intan.

Fungsi dari tahapan di Strong by Zumba sendiri bertujuan untuk penyesuaian tubuh terlebih dahulu, setelah terbiasanya secara bertahap tubuh akan bisa menerima setiap gerakan hingga kuadran 4 yang lumayan menguras keringat sehingga hasil akan optimal.

"Nah, Strong by Zumba benar-benar memperhatikan kondisi tubuh, mulai dari tubuh yang kaku bahkan yang sering pegal, di sini sangat direkomendasikan untuk semua umur mulai dari usia 15 sampai 50 tahun," katanya.

Untuk bisa mendapatkan tubuh langsing dan berotot, Intan merekomendasikan tiga kali pertemuan dalam seminggu. Sebenarnya kita akan bisa langsung merasakan tubuh yang lebih sehat soal pembakaran lemak dalam pertemuan pertama. 

"Saya menyarankan di bulan pertama benar-benar jangan bolong, jadi badan akan terbiasa dengab setiap gerakan yang benar-benar powerful," ungkap Intan.

Di Bandung, Sensa Studio salah satu tempat kebugaran yang memiliki program Strong by Zumba. Lokasinya ada di Jalan Terusan Jakarta Nomor 174, Antapani Kota Bandung. Mulai dari harga Rp35ribu per datang hingga paket Rp120ribu bagi member.

Tag: olahraga asyik

Bagikan: