Mobil-mobil Futuristik di GIIAS 2019

Tim Editor

Mobil futuristik Toyota F-CR (Adit/era.id)

Jakarta, era.id - Banyak ragam mobil baru yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Beberapa pabrikan kendaraan terkenal juga turut memajang mobil-mobil konsep mereka.

Dari segi desain serta teknologi, mobil-mobil ini menarik perhatian pengunjung GIIAS 2019, tercatat ada empat mobil futuristik yang dipamerkan oleh sejumlah pabrikan terkenal.

1. Daihatsu HY-Fun


Daihatsu HY-Fun (Anto/era.id)

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menampilkan satu mobil konsep berjenis MVP Hybrid yang menarik perhatian banyak orang, yaitu HY-Fun. Dari segi tampilan, HY-Fun memiliki desain layaknya sebuah MPV dan memiliki tampilan grille yang mirip Terios.

Dari tampilan luar Daihatsu HY-Fun concept punya desain aerodinamis dan sporty. Dibalut warna silver metalik, HY-Fun memiliki desain grille yang bisa menyala berwarna biru. Mobil ini juga sudah memakai pelek ukuran 20 inci. Bicara sisi eksterior, HY-Fun dibekali sejumlah fitur dan teknologi masa depan. Mobil konsep ini sudah memakai teknologi side door closing motion, juga fitur face recognition mirip seperti di smartphone.

Yang menarik lagi, bagian depan kursi HY-Fun bisa diputar sampai menghadap ke belakang, sehingga penumpang baris kedua dan pertama bisa saling berinteraksi. Dengan konfigurasi semacam ini, juga memudahkan penumpang keluar-masuk mobil.

"Mobil konsep ini dibuat di Jepang, tapi masukannya dari pihak Indonesia. Kami ingin membuat mobil impian kaum milenial. Jadi modelnya tetap MPV, namun bukan hanya mobil keluarga biasa, mobil ini juga bisa jadi sarana hiburan untuk para konsumen milenial yang biasanya terkoneksi dengan device dan teknologi," papar Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sony kepada era.id, Rabu (24/7).

2. Lexus LF-1 Limitless Concept



Masih dari jajaran pabrikan Jepang, Lexus juga menampilkan mobil konsep LF-1 Limitless mereka yang memiliki tampilan Crossover desain khas sebuah mobil masa depan.

LF-1 Limitless ini menggabungkan sebuah desain yang sangat menarik dengan teknologi yang sangat canggih. Salah satu teknologi yang diunggulkan mobil ini adalah beyond autonomous driving, yang memungkinkan pengemudi untuk melepas kendali dari stir untuk beberapa saat. 

Untuk jantung mekanisnya, pihak Lexus mengatakan bahwa mobil ini memiliki 4 pilihan mesin yang tersedia, mulai dari mesin pembakaran internal, hybrid, listrik, hingga hidrogen. Sayangnya, pihak Lexus belum dapat memastikan kapan mobil ini akan diproduksi.

3. Toyota F-CR


Toyota F-CR (Adit/era.id)

Mobil masa depan berikutnya adalah Toyota Fine Comfort Ride (F-CR) yang merupakan kendaraan konsep untuk solusi mobilitas masa depan berteknologi tertinggi buatan Toyota.

Toyota F-CR ini tidak menggunakan bahan bakar bensin, mobil menggunakan bahan bakar hidrogen yang jarang ada di pasaran. Mobil pun bisa melaju sendiri berkat teknologi otonom dan sekali tangki hidrogennya penuh mampu melahap jarak 700 KM dengan waktu pengisian bahan bakar antara 3-5 menit, super cepat dibanding ngecas mobil listrik! 

Kendaraan pintar ini tak hanya dapat difungsikan sebagai alat transportasi, tetapi juga memiliki konsep kendaraan yang nyaman dengan interior yang lebih mirip ruang keluarga dimana salah satu fiturnya yaitu pengaturan kursi dapat diatur untuk memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk dapat berinteraksi. 


4. BMW i3s

BMW i3s (Adit/era.id)

Jika tiga mobil masa depan di atas, masih agak lama untuk dibeli. BMW Grup Indonesia malah sudah memboyong mobil listrik terbaru mereka, yakni BMW seri i3s. Mobil listrik ini sudah bisa kalian beli di GIIAS 2019 dengan harga Rp1,299 miliar (OTR).

Mobil yang dirakit di pabrik Leipzig, Jerman ini diklaim mampu menempuh perjalanan sejauh 280 km untuk sekali pengisian. Soal dapur pacunya, mobil ini memiliki tenaga 181 dk dan torsi 269 Nm yang dihasilkan dari motor listriknya. Tenaga tersebut mampu membuat mobil ini melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,8 detik dengan kecepatan maksimum 159 km/jam.

Waktu pengisian baterai normal di rumah 16 jam (3 kW) atau 8 jam (6 kW) kalau memakai fast charging sampai 80 persen kapasitas cukup 40 menit saja.

Tag: mobil kepresidenan putin mobil listrik

Bagikan: