Mara Gomez, si 'Maradona' Transgender

Tim Editor

    Mara Gomez (Reuters)

    Jakarta, era.id - Tinggi, atletis, tapi berambut panjang dikuncir. Ia adalah Mara Gomez, pesepakbola transgender pertama yang akan merumput di liga profesional sepak bola wanita Argentina. 

    Seperti legenda hidup Sepak bola Argentina Diego Maradona, ia tinggal di pinggiran Buenos Aires. Lusinan piala, bola, dan medali ia pajang di rumahnya. 

    Wanita berusia 22 tahun ini dikontrak oleh klub Villa San Carlos di divisi utama liga sepak bola Argentina. 


    Mara Gomez (The Sun)

    Seperti dikutip dari The Sun, Jumat (14/2/2020), langkah itu akan menandai pertama kalinya dalam sejarah seorang transgender bermain di turnamen resmi Argentina Argentina. "Sepak bola membantu saya mengubah seksualitas dan kepribadian saya," ujarnya.

    Menurutnya, tak ada masalah saat ia bergabung dengan para wanita saat mengolah si kulit bundar.

    "Saya telah diperlakukan dengan baik di setiap klub yang pernah saya mainkan, sambung transgender yang mengubah jenis kelamin sejak usia 18 tahun ini.

    Mantan striker Toronto City ini mengenang saat pertama kali bermain sepak bola sat berusia 16 tahun. "Saat itu saya berposisi sebagai bek, saya tak tahu apa yang harus saya lakukan. Saya menendang bola ke gawang sendiri," kenang fans Lionel Messi ini.


    Mara Gomez (The Sun)


    Meski begitu, Tak sedikit yang mendukung Gomez walaupun ada pula yang berpendapat bahwa keputusan untuk mengizinkan Gomez bermain di liga profesional wanita merupakan tindakan yang tak adil bagi wanita nontransgender yang punya mimpi untuk bermain di liga sepakbola profesional Argentina.

    Argentina memberi kebebasan bagi warganya untuk mengubah jenis kelamin baik secara fisik maupun hukum tanpa harus menjalani prosedur peradilan, psikiatris, dan medis.

    Tag: suporter sepak bola

    Bagikan :