Resep dan Cara Buat Nastar Enak Antigagal bagi Pemula

Tim Editor

Kue Nastar. (Foto: cookpad)

Jakarta, era.id - Bicara soal Lebaran di Indonesia tak lepas dari berbagai macam kue kering yang biasa tersedia di meja-meja ruang tamu. Salah satunya adalah nastar. Bagi kamu yang baru pertama kali membuat nastar, jangan khawatir, tim era.id sudah menyiapkan resep kue berbentuk bulat ini. 

Devina Hermawan, salah satu finalis Master Chef Indonesia membagikan resep nastar klasik menggunakan bahan-bahan premium yang tentunya empuk dan lembut. Pertama, siapkan tiga olahan bahan adonan nastar, bahan selai nanas, dan bahan olesan nastar.

Pada bahan adonan nastar yang perlu disiapkan adalah, 250 gr tepung terigu, 100 gr maizena, 125 gr mentega wijsman, 125 gr margarin, 110 gr susu bubuk, 110 gr gula halus, 2 butir kuning telur, dan 75 gr keju parut.

Untuk bahan selai nanas yaitu, 750 gr nanas parut, 150 gr gula pasir, 5 buah cengkih, 1 sdm mentega wijsman, dan 1 sdm margarin. Terakhir, bahan olesan nastar yaitu, 3 butir kuning telur, 2 sdm susu cair, dan 1 sdm minyak goreng.


Ilustrasi (Pixabay)

Untuk membuat selai nanas, mula-mula masukkan nanas parut, gula pasir, cengkih, dan gula hingga airnya habis. Selanjutnya, tambahkan mentega serta margarin dan masak hingga mengental.

Yang kedua, untuk adonan nastar. Kocok mentega, margarin, dan gula halus. Setelah itu, tambahkan kuning telur lalu aduk hingga rata.

Ketiga, masukkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk. Berikutnya, tambahkan keju parut dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.



Berikutnya ambil kurang lebih 5 gr adonan dan pipihkan. Selanjutnya, isi dengan selai nanas dan tutup hingga bentuknya bulat. Selanjutnya, panggang dengan suhu 140 derajat selama 30-35 menit.

Setelah selesai dipanggang keluarkan dan oleskan permukaan nastar dengan campuran kuning telur, susu cair, dan minyak. Panggang kembali selama 10-15 menit. Nastar siap dinikmati.


Ilustrasi (Pixabay)

Tag: kue lebaran

Bagikan: