Kolaborasi NASA-SpaceX Kirim Astronot ke Stasiun Antariksa Internasional

Tim Editor

Kapsul Crew Dragon (Cnet)

Jakarta, era.id - Dua astronot NASA, Doug Hurley dan Bob Behnken siap melakukan perjalanan bersejarah ke stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) pada Rabu (27/5/2020) hari ini waktu setempat. Misi ini adalah program luar angkasa berawak Amerika yang pertama sejak 2011, dan pertama kali para astronot berkelana ke bintang-bintang dengan pesawat dari SpaceX.

Misi tersebut merupakan peluncuran yang pertama kalinya sejak program Space Shuttle ditutup 9 tahun lalu. Kedua astronot ini akan menggunakan roket SpaceX, kapsul Crew Dragon dari Cape Canaveral, Florida.

Mereka akan berpartisipasi dalam misi Demo-2, di mana mereka akan berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk waktu yang tidak ditentukan.


Doug Hurley dan Bob Behnken (VOA)

Seperti dikutip dari VOA, Rabu (27/5/2020), kapsul tersebut merupakan modifikasi dari pesawat Dragon 2 yang dapat digunakan kembali milik SpaceX, model lainnya adalah versi yang ditujukan untuk keperluan pengangkutan kargo. Kapsul Crew Dragon bisa kembali ke bumi sebagai kapsul ulang alik yang membuat sejarah pada tahun 2010 karena menjadi pesawat ruang angkasa komersial pertama yang berhasil kembali ke bumi.

Peluncuran itu juga disebut bersejarah karena menjadi penerbangan antariksa berawak pertama dari roket dan pesawat yang dibuat swasta. Kepala NASA Jim Bridenstine mengatakan Amerika sedang mengubah cara penerbangan antariksa dengan mengomersialkan penerbangan antariksa.
 


Ia mengatakan, kapal kargo tak berawak buatan swasta selama bertahun-tahun ini memasok Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Peluncuran hari Rabu akan menjadi langkah baru bagi pesawat antariksa produksi swasta mengangkut awak, dan tidak lama lagi mereka akan mengirim turis ke ISS versi swasta.

Awak dan SpaceX Crew Dragon Craft dijadwalkan diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon 9 dan merapat dengan ISS hari Kamis besok.

Tag: pencurian dana nasabah bri

Bagikan: