5 Makanan Sehat dan Lezat untuk Kamu yang Mau Move On dari Junk Food

Tim Editor

Popcorn (Foto: Pexels)

Jakarta, era.id - Beberapa orang beranggapan bahwa makanan sehat itu sangat membosankan. Makanya tak sedikit yang beralih untuk menyantap junk food. Padahal, makanan cepat saji itu punya beberapa dampak buruk bagi kesehatan, apalagi jika dikonsumsi dalam waktu lama.

Sebagai alternatif, ada lho beberapa makanan sehat yang lebih enak daripada junk food. Berikut ulasannya, seperti dikutip Healthline, Rabu (17/6/2020).

1. Popcorn

Popcorn terbuat dari jagung utuh. Camilan yang jadi teman wajib untuk nonton film ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Makanan ini juga terbilang rendah kalori dan tinggi serat.

Popcorn berasal dari whole grain atau biji-bijian utuh yang kaya nutrisi. Camilan ini memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, mengurangi risiko penyakit jantung, hingga diabetes tipe 2.


Selain itu, popcorn membantu menurunkan berat badan. Namun, pastikan popcorn tidak dicampur dengan topping atau varian rasa yang tidak sehat akan sarat dengan minyak olahan.

Popcorn paling sehat menggunakan topping sederhana yang dimasak dalam wajan. Kamu bisa tambahkan garam, sedikit mentega, taburan cokelat hitam, atau kayu manis untuk menciptakan rasa yang berbeda.

2. Keju

Banyak yang mengatakan keju sebagai salah satu makanan paling enak. Makanan satu ini memiliki kandungan sangat bergizi dan kaya vitamin serta mineral seperti kalsium, vitamin B12, fosfor, selenium, dan zinc yang semuanya terdapat di dalam keju. Selain memberikan berbagai manfaat kesehatan, keju sangat lezat dan mengenyangkan.

Keju dan produk susu lainnya dikaitkan dengan peningkatan kesehatan tulang dan bisa mengurangi risiko terhadap osteoporosis, yakni penyakit yang ditandai dengan keropos tulang serta risiko patah tulang.

Ada banyak jenis keju di dunia dan semuanya mengandung protein dan lemak, serta relatif tinggi kalori. Sebagai makanan berprotein tinggi, keju bisa meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan penyerapan mineral. Maka dari itu kamu harus batasi asupannya. 

Ilustrasi (Pixabay)
 

3. Ubi Jalar

Ubi jalar sangat bergizi, tinggi serat, dan rasa manis. Ada banyak kandungan seperti, vitamin A dan vitamin C, serta vitamin dan mineral lainnya yang menjaga tubuh supaya lebih sehat dan kenyang setiap saat.

Ubi jalar juga mengandung beberapa antioksidan dan dapat mengurangi kerusakan oksidatif, serta mengurangi risiko kanker. Melahap satu ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Cara memasak ubi bisa direbus, dipanggang, atau digoreng. Ubi jalar terasa luar biasa dan nikmat jika ditambahkan sour cream atau salted butter.

4. Kacang

Kacang almond adalah camilan renyah yang sangat nikmat. Makanan satu ini memiliki kandungan kaya akan lemak, memelihara jantung, bergizi, dan lebih praktis penyajiannya.

Kacang almond memiliki antioksidan dan menyediakan sejumlah besar serat, protein, dan beberapa vitamin dan mineral, seperti vitamin E, mangan, dan magnesium.

Camilan satu ini mampu mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan oksidasi kolesterol, yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Meskipun tinggi lemak dan kalori, sebuah studi menunjukkan almond mampu menurunkan berat badan sebanyak 62 persen sembari kamu menjalankan diet. Jika kamu mendambakan sesuatu yang manis, cobalah memasukkan 2-3 almond ke dalam kurma untuk hidangan yang lezat.

5. Mangga

Mangga adalah buah tropis yang kaya serat larut, antioksidan, vitamin A dan vitamin C. Mangga terbilang relatif rendah kalori dan indeks glikemik terdiri dari ukuran rendah sampai sedang jadi tidak akan meningkatkan lonjakan kadar gula darah selama tidak dimakan secara berlebihan.

Mangga kaya akan senyawa antioksidan yang dapat mengurangi risiko kerusakan oksidatif dan banyak penyakit kronis, termasuk kanker.


Ilustrasi (Pixabay)

Tag: junk food makanan sehat kuliner ramadan

Bagikan: