Tukang Bakso Ludahi Mangkok, Waspada 7 Virus Menular Lewat Liur

Tim Editor

Ilustrasi tukang bakso (Unsplash/@hobiindustri)

Jakarta, era.id - Kasus rekaman CCTV yang memerlihatkan tukang bakso aci meludahi mangkok dagangannya membuat heboh masyarakat.

Peristiwa itu terjadi di salah satu perumahan yang berlokasi di Kembangan, Jakarta Barat. Bermula dari pelanggan bakso yang melihat itu dari CCTV rumah.

Kejadian itu pun membuat banyak orang khawatir. Cemas karena mungkin saja mereka pernah menjadi korban keusilan tukang bakso yang tak bertanggung jawab.

Dijelaskan oleh dokter spesialis gizi klinik, dr. Diana F. Suganda, M. Kes, SpGK., bahwa makanan yang tercemar air liur dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh. 

"Bisa mengakibatkan penyakit yang ditularkan lewat virus dari air liur. Tergantung orang yang menularkan air liurnya apakah terjangkit penyakit tertentu atau tidak," kata dokter Diana saat dihubungi era.id, Jumat (26/6/2020).

Lebih lanjut ia menjabarkan beberapa jenis virus yang bisa menular via Saliva (air liur).

1. Rhinovirus (colds)

Rhinovirus adalah agen infeksi viral yang sangat umum pada manusia dan umumnya menyebabkan pilek (common cold). Infeksi Rhinovirus berproliferasi pada 33–35 °C (91–95 °F), temperatur yang dijumpai di hidung. Rhinovirus anggota dari genus Enterovirus dalam famili Picornaviridae.

2. Flu virus

Suatu infeksi virus umum yang dapat mematikan, terutama di kelompok risiko tinggi. Flu menyerang paru-paru, hidung, dan tenggorokan. Anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, wanita hamil, dan orang dengan penyakit kronis atau sistem kekebalan tubuh lemah berisiko tinggi.

Gejalanya meliputi demam, menggigil, nyeri otot, batuk, pilek, sakit kepala, dan kelelahan.

3. Epstein-Barr virus (mononucleosis, or mono)

Sering disebut penyakit tunggal atau bersentuhan, infeksi dengan virus Epstein-Barr. Mono (demam kelenjar) ditularkan lewat air liur.

Gejala termasuk kelelahan, demam, ruam, dan kelenjar bengkak. Orang tua mungkin tidak mengalami gejala yang khas.
Penanganannya antara lain istirahat, pemberian cairan, dan obat penurun demam serta pereda nyeri yang dijual bebas untuk meringankan gejala.


llustrasi virus (Unsplash/@fusion_medical_animation)

4. Type 1 herpes (cold sores)

Disebut juga Herpes simplex virus tipe 1 (HSV 1), merupakan virus yang dapat menyebar dengan cepat, dan umumnya menyebabkan herpes oral (mulut). Akan tetapi HSV 1 juga dapat menyebabkan terjadinya herpes kelamin (genital) jika menyebar dari mulut ke alat kelamin pada saat melakukan hubungan seksual melalui oral.

5. Strep bacteria

Streptococcus adalah salah satu genus dari bakteri nonmotil yang mengandung sel gram positif, berbentuk buat, oval dan membentuk rantai pendek, panjang atau berpasangan. Bakteri ini tidak membentuk spora. Bakteri ini dapat ditemukan di bagian mulut, usus manusia dan hewan.

6. Hepatitis 

Memang benar hepatitis dapat menular melalui cairan tubuh, tetapi air liur bukan gerbang virus tersebut dapat menular. Virus hepatitis A dan E hanya menular melalui rute fecal-oral atau dapat menular apabila kamu menelan makanan yang mengandung virus tersebut.

7. Cytomegalovirus (a risk for babies in the womb)

Cytomegalovirus merupakan salah satu kelompok virus herpes, yaitu kelompok virus yang menyebabkan penyakit cacar air atau herpes simpleks. Kontak langsung dengan cairan tubuh, misalnya memegang mata, hidung, atau mulut setelah kontak langsung dengan cairan tubuh penderita infeksi CMV.

Tag: kesehatan

Bagikan: