Resep Panjang Umur Manusia Tertua di Dunia

Tim Editor

Masazo Nonaka (Sumber: Guinness World Records)

Jakarta, era.id - Seorang pria asal Jepang, Masazo Nonaka dinobatkan sebagai pria tertua di dunia. Penobatan Masazo yang kini berusia 112 tahun diberikan setelah Fransisco Nunez Olivera, pria asal Spanyol meninggal dunia di usia 113 tahun pada Februari 2018.

Masazo lahir pada 25 Juli 1905, hanya beberapa bulan sebelum salah satu ilmuwan terbesar di abad 20, Albert Einstein mempublikasikan teori relativitas, teori termashyurnya.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa kami memiliki pemegang rekor baru untuk pria tertua yang masih hidup," ungkap Craig Glenday, Pemimpin Redaksi Guinness World Records sebagaimana dilansir dari website resmi guinnessworldrecords.com, Jumat (13/4/2018).

Glenday, saat pemberian penghargaan di kediaman Masazo di Hokkaido, Jepang mengaku kagum dengan capaian Masazo. Bagi Glenday, cara hidup Masazo yang istimewa lah yang membantu Masazo mencapai usia yang amat panjang.

"Pencapaian Tuan Nonaka luar biasa. Dia dapat mengajarkan kita semua pelajaran penting tentang nilai kehidupan dan bagaimana memperpanjang batas umur manusia," tutur Glenday.


Penobatan rekor Guinness World Records (Sumber: Masazo Nonaka (Sumber: Guinness World Records)


Resep umur panjang

Yuko Nonaka, cucu Masazo dalam sebuah kesempatan mengungkap resep panjang umur Masazo. Menurut Yuko, kebiasaan Masazo mengonsumsi makanan manis dan mandi air hangat adalah kunci umur panjang kakeknya.

Selain itu, meski belum terbukti secara empiris, Yuko menyebut salah satu kebiasaan lain yang rutin dilakukan Masazo sepanjang hidupnya adalah membaca koran. Lantas, mungkin kah pengetahuan mampu memperpanjang usia manusia? Hal ini tentunya harus diteliti lebih jauh.

Sebelum menikmati masa tua dengan menggelola pemandian air panas bersama anggota keluarganya yang lain, di kota asalnya, Ashoro, Hokkaido, 900 kilometer arah utara Tokyo, Masazo pernah jadi petani dan penebang pohon di usia mudanya. 

“Ia memerlukan kursi roda untuk berjalan, namun kondisinya baik ... Kakek menyukai semua jenis makanan manis, baik makanan Jepang atau Barat. Ia juga membaca koran setiap hari dan berendam di air hangat,” ungkap Yuko.

Jepang sendiri memang dikenal dengan para penduduk yang rata-rata berusia panjang. Menurut catatan, ada sekitar 68 ribu orang lanjut usia yang berusia di atas seratus tahun di Jepang.

Meski menjadi manusia tertua di dunia versi Guinness World Records, pria dengan lima anak ini bukan lah manusia yang hidup paling lama di bumi. Sebab, rekor tersebut masih dipegang oleh Jeanne Louise Calment dari Perancis yang meninggal di usia 122 tahun, 164 hari pada tahun 1997.

Tag: yang unik viral anak nonton porno

Bagikan: