Iniesta Dianugerahi Penghargaan Grand Cross

| 05 May 2018 17:45
Iniesta Dianugerahi Penghargaan <i>Grand Cross</i>
Andres Iniesta (@andresiniesta)8
Barcelona, era.id - Kapten Barcelona Andrés Iniesta sudah memutuskan mengakhiri perjalanan panjangnya di Spanyol. Dia pun akan dianugerahi gelar paling bergengsi di dunia olahraga Spanyol.

Iniesta, yang memastikan mundur dari sepak bola Spanyol dan akan hijrah ke China Super League pada akhir musim ini, mendapatkan penghargaan Grand Cross of the Royal Order of Sports Merit, seperti dilansir dari Football Espana, Sabtu (5/5/2018).

Grand Cross merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada atlet berdedikasi sekaligus berprestasi di dunia olahraga. Rekan satu tim Iniesta, Xavi Hernandez juga pernah menerima penghargaan ini.

Musim ini, gelandang 34 tahun sukses membantu Los Blaugarana menyabet dua gelar domestik; La Liga dan Piala Raja. Dan kini, mereka sedang bersiap menghadapi Real Madrid dalam laga El Clasico di sisa pertandingan La Liga pada Minggu (6/5) malam.

El Mundo Deportivo melaporkan, Iniesta akan diberikan Guard of Honour oleh Barca dan Madrid dalam laga sarat gengsi tersebut. Meski demikian, pihak Los Blancos belum memastikan apakah mereka akan memberikan penghormatan tersebut. Terlebih kepada Barca yang melanggar tradisi yang sudah berjalan selama bertahun-tahun itu.

Guard of Honour merupakan penghormatan yang dilakukan pemain lawan dengan cara berbaris dan memberi aplaus saat tim juara memasuki lapangan. Dan Los Blaugarana pernah melanggar tradisi tersebut kala Los Blancos menyabet Piala Dunia Antarklub.

"Seperti yang dikatakan (Zinedine) Zidane. Kami sudah mengatakan, Guard of Honour tidak akan dilakukan dan itu tidak akan terjadi. Biarkan mereka menikmati gelar liga," kata kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

Pernyataan Ramos dan Zidane langsung ditanggapi bek Barca Jordi Alba. Menurutnya, La Liga dan Piala Dunia Antarklub adalah dua hal yang berbeda.

"Piala Dunia Antarklub merupakan kompetisi di mana kami tidak ikut bermain. Di Santiago Bernabeu, di Liga Spanyol, kami sebelumnya pernah memberika Real Madrid Guard of Honour. Kalau mereka tidak mau memberikan Guard of Honour kepada kami, itu pasti berasal dari atasan mereka," tukasnya.

Real Madrid boleh jadi menolak memberikan Guard of Honour kepada Barcelona mengingat perseteruan kedua klub yang sudah mendarah daging. Tapi, alangkah indahnya jika Los Blancos sudi memberikan Guard of Honour kepada Iniesta yang menjadi kunci Timnas Spanyol saat menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 dan 2012.

Karena Iniesta bukan hanya milik Barcelona, tapi juga seluruh warga Spanyol.

Rekomendasi