Mengukur Rasio Keberhasilan Penalti Messi

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (Twitter @FIFAWorldCup)

Jakarta, era.id - Kegagalan Lionel Messi mengeksekusi penalti ke gawang Islandia di laga awal Grup D Piala Dunia 2018 memang terjadi pada Sabtu (16/6/2018), tapi hingga saat ini cibiran dari para 'haters'-nya belum juga berhenti. Bahkan tidak sedikit yang bertanya, mengapa pelatih Jorge Sampaoli tidak menunjuk Sergio Aguero sebagai eksekutor.

Messi merupakan salah satu pemain terbaik dunia. Jumlah golnya bersama Barcelona pun luar biasa. Di timnas Argentina, La Pulga bahkan sukses memecahkan rekor pencetak gol terbanyak yang sebelumnya dipegang Gabriel Batistuta. Tapi, sepayah apakah Messi dalam mengeksekusi tandangan penalti?

Dilansir dari Transfermrkt, Messi ternyata memiliki rekor buruk dalam urusan penalti jika dibandingkan sejumlah pemain Argentina lain, baik yang masih aktif bermain maupun yang sudah pensiun. Messi sering gagal mengeksekusi tendangan dari jarak 11 meter di mana dari 103 kesempatan kapten Argentina hanya berhasil menceploskan bola sebanyak 79 kali atau 76,69 persen, 24 lainnya gagal. 

Dari 24 kesempatan yang gagal dimanfaatkan itu, tiga di antaranya terjadi saat Messi berseragam Argentina. Di laga persahabatan kontra Jerman pada 15 Agustus 2012 yang berkesudahan 3-1 untuk kemenangan Tim Tango, di laga uji coba melawan Brasil empat tahun lalu yang berakhir 0-2 untuk kemenangan Tim Samba, dan di Piala Dunia Rusia melawan Islandia Sabtu kemarin.

Sekarang kita bandingkan dengan Sergio Aguero, pemain yang dianggap sejumlah fans lebih pantas menjadi eksekutor penalti dalam laga kontra Islandia. Dari 48 kesempatan, Kun--sapaannya--mampu menceploskan bola 39 kali dengan rasio 81,25 persen.  Bersama timnas Argentina, Kun juga sukses menyarangkan dua penalti saat melawan Bolivia di laga uji coba dan kontra Ekuador di kualifikasi Piala Dunia 2018. Jadi, Kun memang lebih layak dipilih Sampaoli ketimbang Messi.

Bagaimana jika dibandingkan dengan seniornya, Diego Maradona? Dari 50 kesempatan penalti yang dimiliki Maradona, dia hanya gagal tiga kali. Yakni sekali ke gawang Fiorentina dan dua kali ke gawang Verona saat El Diego bermain bersama Napoli di Serie A. Dengan kata lain, rasio keberhasilan penalti 'Si Tangan Tuhan' cukup tinggi, 94 persen. Tapi, Maradona tidak pernah mengeksekusi penalti saat berseragam Argentina.

Ada hal menarik. Sesaat setelah Messi gagal mengeksekusi penalti ke gawang Islandia, sang legenda mengatakan; 'Saya pernah gagal mengeksekusi lima penalti berturut-turut dan saya tetap Maradona". Kata-kata itu sepertinya hanya untuk menghibur Messi. Faktanya, dari tiga kesempatan penalti yang gagal dieksekusi Maradona tadi terjadi dalam rentang waktu yang berjauhan. Antara 1987-89.


Foto (Twitter @FIFAWorldCup)

Lebih lengkapnya, berikut kami berikan peringkat rasio keberhasilan penalti para penyerang/gelandang serang Argentina di semua turnamen (klub dan negara):

1. Mario Kempes
14 kesempatan, 14 sukses, 0 gagal: rasio 100 persen

2. Diego Maradona
50 kesempatan, 47 sukses, 3 gagal: rasio 94 persen

3. Hernan Crespo
21 kesempatan, 18 sukses, 3 gagal: rasio 85 persen

4. Juan Riquelme
42 kesempatan, 35 sukses, 7 gagal: rasio 83 persen 

5. Sergio Aguero
48 kesempatan; 39 sukses, 9 gagal: rasio 81,25 persen

6. Lionel Messi
103 kesempatan, 79 sukses, 24 gagal: rasio 76,69 persen

7. Gonzalo Higuain
26 kesempatan, 19 sukses, 7 gagal: rasio 73,07 persen

8. Gabriel Omar Batistuta 
32 kesempatan, 23 sukses, 9 gagal: rasio 71,87 persen

Dari data di atas, bisa dipastikan Messi masih unggul dari Batistuta--pemain yang rekor gol timnasnya dipecahkan oleh El Messiah. Tapi, mengapa sebagian fans Tim Tango juga kerap membandingkan keduanya dalam hal mengeksekusi penalti?

Ternyata, tujuh kesempatan penalti yang tidak mampu dimanfaatkan Batigol hanya terjadi saat ia berseragam klub (Fiorentina). Sedangkan ketika bermain bersama negaranya, Batigol tidak pernah sekali pun gagal mengeksekusi penalti. Dari lima kesempatan, semuanya berbuah gol. Empat di antaranya terjadi di Piala Dunia. 

Baca Juga : Messi oh Messi

Tag: piala dunia rusia suporter sepak bola

Bagikan: