Asal Mula Suara Serak yang Jadi Ciri Khas Cakra Khan

Tim Editor

Cakra Khan

ERA.id - Cakra Khan memiliki suara yang khas yaitu serak dan echo. Ternyata, suara itu tidak serta merta dimiliki oleh Cakra. Ada proses perubahan suara saat dia melalui masa pubertas. 

"Pas kecil enggak begini suaranya. Normal seperti anak-anak lainya. Pas nyanyi dangdut melengking," ujar Cakra saat berbincang bersama Bens Leo melalui live instagram, Kamis (24/12/2020). 

Begitu puber, suara jadi berubah. "Pas SMA suaraku mulai berubah. Kuliah itu bener-bener berubah karena sering nyanyi di kafe. Semakin eho ya," terangnya.

Perubahan suara itu awalnya membuat ibunya merasa tidak suka. "Waktu itu ibu saya nggak suka, karena dulu sama sekali nggak ada seraknya. Dia kuatir orang-orang jadi bising. Tapi gimana lagi, suaranya sudah begini," lanjut Cakra.

Cakra tak mau menyerah dengan perubahan suaranya, apalagi ketika SMA dia sudah mengambil jurusan musik. "Pas SMA ngambil sekolah musik itu kupikir menyenangkan karena senang nyanyi doang. S1 juga kuliah ambil klasik, baca not balok ternyata haduh susah.  Alhamdulilah bisa lulus meskipun terlambat," jelasnya. 

Cakra berharap semangat berjuangnya bisa menjadi inspirasi untuk anak muda yang merintis karir di dunia mudiak. "Sebenarnya dengan era digital seperti sekarang, terlihat banyak teman yang punya talent hebat jadi mudah ter-ekspose. Berharap kita selalu bisa kasih karya terbaik," harapnya. 

Menurutnya, musik bukan hanya jadi penghibur tetapi juga bisa untuk terapi. 

"Musik itu sangat berarti di tengah pandemi bukan cuma untuk cari uang. Tapi untuk psikologi. Saya kalau ada teman di rumah nyanyi buat mereka. mereka senang saya juga senang karena bisa nyanyi dan menghibur," pungkas Cakra Khan.

Tag: Cakra Khan Musisi

Bagikan: