Dituding Comot Karya Orang untuk Cover EP-nya, Penyanyi Pamungkas Disoal Warganet

| 02 Feb 2021 11:20
Dituding Comot Karya Orang untuk Cover EP-nya, Penyanyi Pamungkas Disoal Warganet
Cover EP Pamungkas (Instagram @frekuensiantara)

ERA.id - Penyanyi Pamungkas yang akrab disapa Mas Pam oleh para penggemarnya, sedang dibincangkan warganet karena dituding mencomot karya seniman lain. Bukan lagunya yang bermasalah, melainkan cover EP yang menampilkan dirinya.

Dalam cover EP yang memperlihatkan foto dirinya itu, Pamungkas memakai kaca mata. Di kaca matanya itu, ditempel sebuah desain kolase yang terbagi beberapa bagian.

Desain kolase yang menempel di kaca mata Pamungkas itulah yang disoal oleh warganet. Kabar itu pertama kali datang dari Instagram seorang seniman bernama Baptiste Virot yang mempunyai akun @b_virot.

Keterangan Baptiste Virot itu menyiratkan kalau Pamungkas diduga sudah melanggar hak cipta dan tidak izin terlebih dahulu jika ingin memakai karyanya sebagai kolase.

Bagian kolase itu, memang adalah potongan karya dari Baptiste Virot. "Mungkin p*mungk*s gak nyolong artwork ilustrator luar buat jadi cover EP-nya, mungkin dibeli kaliyaaa, TAPI kok di take down semua dari ig sm youtubenya. enak banget karya orang cuma dicomot trus dijadiin kolase," tulis akun Twitter @m3gumiii, yang belakangan membuat utas tentang Pamungkas.

Masih dalam utas @m3gumiii, diunggah pula sebuah video yang menampilkan Pamungkas menjelaskan soal apa yang menginspirasinya dalam membuat cover yang disoal tersebut.

"Setiap desain dari setiap album selalu berdasarkan atas musiknya. Jadi inspirasi logonya pun dari musiknya," kata Pamungkas dalam sebuah sesi tanya jawab di Instagram Stories.

Akun @m3gumiii kemudian menjelaskan bahwa dirinya pertama kali tahu soal Pamungkas yang menggunakan karya Baptiste Virot ini dari sebuah akun Instagram lain bernama @frekuensiantara.

Akun @frekuensiantara memang mengunggah foto yang dipermasalahkan warganet bersama dengan karya sang seniman. Kini, saat dicek di akun Instagram @pamungkas, belum ada klarifikasi soal tudingan miring yang mengarah padanya.

Tags : viral
Rekomendasi