Erick Thohir Ingatkan BUMN Segera Beradaptasi ke Digital: Jangan Jadi Dinosaurus

| 04 Aug 2022 14:25
Erick Thohir Ingatkan BUMN Segera Beradaptasi ke Digital: Jangan Jadi Dinosaurus
Menteri BUMN Erick Thohir (Antara)

ERA.id - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan perkembangan digital banyak mengubah sendi-sendi kehidupan. Dia pun meminta semua pihak beradaptasi ke digital agar tidak ketinggalan zaman.

Erick menuturkan perubahan zaman juga mendorong masyarakat terutama generasi muda beralih menggunakan sistem pembayaran cashless atau nontunai.

Sejak awal, kata Erick, Kementerian BUMN komitmen memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses sistem pembayaran nontunai lewat program transformasi model bisnis dan teknologi.

"Sejak awal kita bangun ekosistem yang mana digital menjadi kunci bagi kita untuk bisa bersaing. Jangan BUMN jadi dinosaurus yang mati dimakan zaman karena besar badan, tapi tidak mau bermetamorfosis," kata Erick dalam keterangannya pada Kamis (4/8/2022)

Lebih lanjut, Erick memuji terobosan digitalisasi yang dilakukan sejumlah BUMN seperti ASDP Indonesia dengan Ferizy dan Bank Mandiri dengan layanan Livin. Dengan sistem daring, ucap Erick, Ferizy mampu mengurai persoalan antrean yang terjadi bertahun-tahun pada layanan penyeberangan.

"Contoh Ferizy ASDP, dulu penyeberangan antre truk bisa 10 jam, kita coba dua tahun lalu, sistem e-tiketing, ini mampu menghemat biaya logistik kita yang saat ini masih 23% atau lebih tinggi dari negara lain yang sudah 13%," kata Erick.

Di sisi lain, Erick menilai keberhasilan sistem ini mendongkrak pergerakan penyeberangan dari Pulau Jawa ke Sumatera hingga 40 persen. Bahkan, saat masa mudik lalu tingkat pertumbuhan penyeberangan armada tumbuh hingga 144 persen.

Erick pun berkata Bank Mandiri sesuai dengan tren bank digital lewat Livin mampu menjadi penghubung yang stategis dalam sektor pembayaran nontunai untuk sektor pariwisata Indonesia.

"Saya tugaskan Mandiri membangun ekosistem pembayaran untuk sektor pariwisata. Kita sering terjebak pola pikir kalau bicara industri pariwisata selalu wisatawan asing, padahal sebelum pandemi, 76% itu winsun, hanya 24% yang asing. Di Bali, wisatawan asing baru kembali 30%, sedangkan wisatawan domestik sudah kembali di 70%. Kita sinergikan juga dengan holding pariwisata dan pendukung atau InJourney," kata Erick.

Kami juga pernah menulis soal Nama Erick Thohir Masuk Penjaringan Capres PAN, Sinyal Bakal Diusung ? Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi