Akun Folkative Dikritik Gara-Gara Unggahan Misleading, Netizen: Mending Rekrut Jurnalis Beneran!

| 26 Dec 2022 08:32
Akun Folkative Dikritik Gara-Gara Unggahan <i>Misleading</i>, Netizen: Mending Rekrut Jurnalis Beneran!
Tangkapan layar postingan Folkative.

ERA.id - Akun instagram Folkative dengan 3.7 juta pengikut yang kerap membagikan unggahan berupa headline berita click bait dikritik banyak netizen karena membagikan informasi yang dianggap misleading, Kamis (22/12/2022).

Dalam unggahannya, Folkative keliru mengutip rekomendasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan menulis: Usia ideal buat menikah: untuk wanita 21 tahun dan laki-laki 25 tahun, saran dari BKKBN.

Unggahan itu juga dibagikan lewat akun Twitter-nya dengan caption: Absen yang udah kadaluarsa.

Padahal, BKKBN menuliskan bahwa "usia ideal untuk menikah bagi perempuan adalah minimal 21 tahun, sedangkan laki-laki minimal 25 tahun" dan bukan menyarankan untuk menikah pas di usia tersebut.

Rekomendasi BKKBN tersebut untuk mencegah pernikahan dini yang masih sering terjadi di Indonesia dengan mempertimbangkan berbagai resiko.

Pertama, usia psikologis yang mempengaruhi pola asuh anak. Kedua, kematangan mental yang akan mempengaruhi gizi dan kesehatan anak. Ketiga, pernikahan dini berisiko membahayakan kesehatan remaja putri. Keempat, potensi kanker serviks pada remaja di bawah 20 tahun yang berhubungan seksual.

Akibat unggahannya yang dianggap misleading, Folkative menerima banyak kritik negatif dari netizen di Twitter.

"Kata gue mending Lo rekrut jurnalis beneran gak sih? Daripada bikin konten-konten misleading mulu karena gak tau konteks besarnya," tulis akun @bfn***.

Terpantau per hari Minggu (25/12/2022) unggahan Folkative sudah dihapus di Twitter dan masih bisa kita lihat di Instagram.

Rekomendasi