Megawati Bakal Kumpulkan Lagi Kader PDIP pada 1 Juni di Stadion GBK Jakarta, Umumkan Capres?

| 10 Jan 2023 20:27
Megawati Bakal Kumpulkan Lagi Kader PDIP pada 1 Juni di Stadion GBK Jakarta, Umumkan Capres?
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (Antara)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan kembali mengumpulkan para kader partainya untuk melakukan konsolidasi pada 1 Juni 2023 di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Hal itu disampaikan saat perayaan HUT ke-50 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023).

"Nanti bulan Bung Karno, 1 Juni Insyallah akan dilakukan konsolidasi itu diadakannya di Gelora Bung Karno,” kata Megawati.

Selain konsolidasi, Presiden RI kelima itu menekan agar para kadernya sudah harus mempersiapkan diri untuk memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tak hanya itu, Megawati memastikan akan terus memantau kinerja para kadernya. Khususnya dalam melaksanakan perintahnya untuk turun ke tengah-tengah masyarakat.

"Saya itu punya pantuan. Ini kerja, itu enggak kerja," ungkap Megawati.

Terpisah, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto tak bisa memastikan apakah konsolidasi 1 Juni akan menjadi momentum pengumuman nama calon presiden (capres) atau tidak.

Dia hanya memastikan bahwa acara tersebut hanya sebatas konsolidasi kader PDIP dalam rangka Bulan Bung Karno. Sementara pengumuman capres diyakini akan disampaikan pada waktu yang tepat.

"1 Juni lebih pada peneguhan. Pada peneguhan pada jalan ideologi tadi, pada falsafahnya. Ketika kita mengimplementasikan Pancasila di dalam kebijakan politik negara itu landasan falsafahnya yang disepakati dalam BPUPKI itu lebih ke sana," kata Hasto.

"(Pengumuman capres) akan dilakukan pada momentum lain," imbuhnya.

Diketahui, momen HUT ke-50 PDIP tidak digunakan Megawati untuk mengumumkan nama capres pilihannya. Dia masih menyimpan rapat-rapat siapa tokoh yang akan diusung di Pilpres 2024.

Rekomendasi