Soal Isu Peluang Jadi Menteri di Kabinet Prabowo, Anies: MK Belum Selesai

| 23 Mar 2024 11:03
Soal Isu Peluang Jadi Menteri di Kabinet Prabowo, Anies: MK Belum Selesai
Anies Baswedan (Era.id/Flori Anastasia)

ERA.id - Calon presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan menanggapi soal peluang dirinya ditawari menjadi menteri di kabinet Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Menurut dia, terlalu dini untuk membahas isu tersebut.

Sebab, jelas Anies, saat ini dirinya bersama tim hukum Timnas Anies-Muhaimin (AMIN) masih fokus terhadap proses gugatan hasil Pilpres 2024 yang sedang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Ia menyebut, jika persoalan sengketa itu telah selesai, maka akan dibicarakan langkah selanjutnya.

"MK-nya belum selesai, kita tunggu sama-sama MK. MK itu proses selesai, baru dari situ kita bicara tentang langkah-langkah ke depan," kata Anies di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (22/3/2024) malam.

Anies menjelaskan, pembentukan kabinet yang baru akan dilakukan setelah pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, yakni pada 20 Oktober 2024. Sehingga hal itu bisa ditanyakan kembali kepada dirinya pada bulan-bulan berikutnya.

"Saya mau tanya, pembentukan kabinet kapan? Masih lama. Titip itu disimpan buat doorstop bulan-bulan berikutnya," ujar Anies sembari tertawa.

Sebelumnya, KPU menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional dimenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Pasangan ini memperoleh sebanyak 96.214.691 suara.

Kemudian, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih sebanyak 40.971.906 suara. Sementara itu, pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan suara sebanyak 27.040.878.

Rekomendasi