Disebut Akan Hadir, Megawati Tak Tampak di Sidang Tahunan MPR

| 16 Aug 2024 10:15
Disebut Akan Hadir, Megawati Tak Tampak di Sidang Tahunan MPR
Tak terlihat kehadiran Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Sidang Tahun MPR 2024. (Tangkapan layar/YouTube TV Parlemen).

ERA.id - Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tak terlihat hadir di Sidang Tahunan MPR tahun 2024.

Sebelumnya, Sekjen DPR RI Indra Iskandar sempat mengkonfirmasi kehadiran Megawati. Dia hanya menyebut Presiden keenam RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) saja yang tak hadir.

"Mantan presiden, wakil presiden yang hadir itu Ibu Megawati konfirmasinya tadi pagi hadir, kemudian wakil presiden bapak Try Soetrisno, Jusuf Kalla, kemudian Pak Budiono," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Namun, berdasarkan pantauan, Megawati tak terlihat di jajaran kursi tamu VIP. Hanya ada sejumlah wakil presiden terdahulu.

Selain itu, juga terlihat ketua-ketua umum partai politik. Diantaranya yaitu Ketua Umum Partai Gerindra yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto, Plt Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Kemudian juga ada Ketua Umum PKB yang juga Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum PAN Zulkilfi Hasan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Sebagai informasi, Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada venue acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.

"Sidang tahunan kali ini sangat spesial karena ini juga merupakan sidang terakhir di sisa periode DPR, DPD dan MPR periode 2019-2024," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Akan ada tiga agenda dalam Sidang Tahunan 2024, yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

Kemudian Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD esok, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024. 

Rekomendasi