Profil Andre Rosiade: Dari Pengusaha Sukses hingga Politikus

| 21 Aug 2024 21:00
Profil Andre Rosiade: Dari Pengusaha Sukses hingga Politikus
Profil andre rosiade (antaranews)

ERA.id - Profil Andre Rosiade banyak dicari oleh netizen, setelah dugaan perselingkuhan yang dilakukan oleh anaknya Azizah Salsha dengan Salim Nauderer, yang merupakan kekasih Rachel Vennya.

Andre Rosiade sendiri merupakan politisi dan anggota DPR dari Partai Gerindra. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini profil dan beberapa hal menarik tentang Andre Rosiade:

Profil Andre Rosiade

  1. Kelahiran Padang

Dilansir dari laman pribadinya, Andre Rosiade adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia, yang lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 7 November 1978. Saat ini, ia memimpin Partai Gerindra sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di Sumatera Barat.

  1. Aktivis selama Kuliah

Andre diketahui menghabiskan masa kecilnya dan menempuh pendidikan dasar hingga menengah di kota kelahirannya. Kemudian setelah itu, ia melanjutkan studi di Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti, Jakarta.

Selama masa kuliahnya, Andre diketahui aktif sebagai aktivis kampus dan pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti untuk periode 2000-2001.

  1. Pengusaha

Setelah menyelesaikan kuliah, Andre memulai karir sebagai pengusaha. Namun selain aktivitas bisnisnya, Andre juga terlibat dalam berbagai organisasi, termasuk menjadi Pengurus HIPMI Sumbar sejak 2011 dan Ketua Gerakan Ayo Jadi Pengusaha Wilayah Sumbar BPD HIPMI Sumbar.

Dilansir dari Wikipedia, Andre memulai kariernya sebagai konsultan di PT Indoconsult. Pada tahun 2003, ia mendirikan PT Hasil Usaha Anak Bangsa dan menjabat sebagai direktur utama perusahaan tersebut.

Andre memulai karir sebagai pengusaha (freepik)

Selain itu, Andre juga mendirikan beberapa perusahaan lainnya, termasuk PT Kaze Internasional Selaras, PT Cahaya Azizah, dan CV Putri Pertama. Andre menjabat sebagai direktur utama dari perusahaan rintisannya tersebut.

Andre juga menjabat sebagai Komisaris di PT Garda Benteng Indonesia dan CV Ammar Jaya. Perusahaan-perusahaan yang dipimpin Andre bergerak di bidang kontraktor peralatan pabrik, penyediaan oli, serta layanan keamanan untuk pabrik-pabrik besar seperti PT Semen Padang dan beberapa pabrik di Tangerang.

  1. Awal di Gerindra hingga Juru Bicara Prabowo

Andre Rosiade memulai kariernya di Partai Gerindra sebagai Kepala Departemen Penggalangan Jaringan Mahasiswa dan Pemuda di DPP Gerindra.

Karier Andre kemudian berlanjut, saat dirinya menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Gerindra. Sebagai salah satu kader unggulan partai, Andre dipercaya menjadi juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi pada pemilu legislatif 2019.

Hingga kini, Andre Rosiade terus menunjukkan konsistensinya sebagai juru bicara Prabowo dan Partai Gerindra.

  1. Viral Grebek PSK

Pada tahun 2020, Andre Rosiade terlibat dalam penggerebekan sebuah kamar hotel di Padang bersama pihak kepolisian Sumatera Barat.

Dalam penggerebekan tersebut, seorang perempuan berusia 26 tahun dengan inisial NN, yang diketahui bekerja sebagai PSK, ditemukan di dalam kamar.

Namun, investigasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa penggerebekan itu diduga merupakan hasil rekayasa yang diatur oleh Andre Rosiade sendiri.

Kasus dugaan settingan terungkap setelah ditemukan struk reservasi yang menunjukkan bahwa kamar hotel tersebut dipesan oleh Andre Rosiade menggunakan KTP atas nama orang lain.

  1. Viral Pembangunan Flyover Sitinjau Lauik

Pada 28 Agustus 2022, Andre Rosiade menyatakan telah mengajukan proposal pembangunan flyover Sitinjau Lauik ke Kementerian PUPR, dengan rencana pembangunan dimulai Juni 2023 dan selesai dalam setahun.

Proyek ini disebut akan dikerjakan oleh Hutama Karya dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Namun, klaim tersebut dibantah oleh Athari Gauthi Ardi, anggota DPR dari Dapil Sumbar lainnya.

Athari menyebut informasi itu sebagai kebohongan dan upaya pencitraan politik. Athari menegaskan bahwa belum ada anggaran untuk proyek tersebut, dan proyek sejenis memerlukan waktu lebih dari setahun serta dana triliunan.

Selain profil andre rosiade, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi