Sumber Penularan COVID-19 di Bekasi Berasal dari Ruangan Merokok

| 04 Sep 2020 16:56
Sumber Penularan COVID-19 di Bekasi Berasal dari Ruangan Merokok
Ridwan Kamil (Humas Jabar)

ERA.id - Sejumlah pabrik di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjadi klaster COVID-19 setelah puluhan hingga ratusan karyawan tertular virus. Salah satu sumber penularannya disebut berasal dari ruangan merokok.

Temuan itu disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Barat itu pun menginstruksikan seluruh perusahaan untuk memperbaiki sirkulasi udara di setiap ruangan bahkan dia menganjurkan perusahaan meniadakan ruang merokok bersama.

"Ruang yang tidak berventilasi harus dibobok, dibongkar, diberikan ruang-ruang terbuka, diberi jendela. Kalau bisa, tidak ada ruang merokok lagi," kata Ridwan Kamil di Gedung Bupati Bekasi, Cikarang Pusat seperti dilansir Antara, Jumat (4/9/2020).

Terkait klaster industri di Kabupaten Bekasi, pria yang akrab disapa Emil ini pada Jumat (4/9) melakukan pertemuan dengan pihak industri untuk menganalisis permasalahan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di kawasan industri tersebut.

“Saya bertemu dengan pemilik-pemilik industrial estate untuk memetakan problematikanya. Karena dari laporan investigasi di lapangan, sampai hari ini masuk ke industri itu ketat sekali prosedur dan cara kerjanya,” ujar Kang Emil.

“Maka saya akan konfirmasi (sumber penularan), jangan-jangan di tempat bermukimnya (karyawan) sepulang dari kerja yang memang kontrolnya ada di lingkungan perumahan yang tidak seketat di tempat kerjanya,” ujarnya.

Eil juga akan mengejar jumlah pengetesan swab sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni 1 persen dari total penduduk. Artinya, masyarakat Jabar yang harus dites berjumlah sekitar 500 ribu orang.

Tags : ridwan kamil
Rekomendasi