Benarkah DN Aidit Seorang Perokok?

| 30 Sep 2020 16:58
Benarkah DN Aidit Seorang Perokok?
Ilham Aidit (Iqbal/era.id)

ERA.id - Dalam film Pengkhianatan G30S/PKI karya Arifin C. Noer, sosok Ketua Partai Komunis Indonesia (PKI) D.N Aidit digambarkan sebagai perokok berat. Apakah Aidit memang benar seorang perokok? 

Hampir dalam setiap adegan rapat PKI, Aidit yang diperankan oleh Syubah Asa itu, ia memegang dan menghisap dalam-dalam sebatang rokok. "Djawa adalah Koentji," ujar Aidit dalam sebuah adegan rapat PKI yang dipenuhi kepulan asap rokok.

Anak keempat dari D.N Aidit, Ilham Aidit menuturkan, ayahnya bukan seorang perokok. Ilham menegaskan, Aidit itu tak merokok. Namun, dalam film itu digambarkan ia sebagai salah seorang perokok berat dengan asap yang mengepul ketika memimpin rapat.

Adegan Aidit Merkok (Dok. Yutube)

"Saya bisa katakan benar. Dan semua itu dikatakan langsung oleh ibu saya, oleh istrinya D.N Aidit," katanya, kepada ERA.id, akhir pekan lalu.

Diceritakan Ilham, ada sebuah momen di mana Aidit rapat dengan petinggi-petinggi dan diminta untuk merokok. Aidit pun mencoba mengisap dan batuk.  "Pakar-pakar itu mem-bully Aidit," sambungnya.

Namun, menurut cerita ibunya, Aidit sangat ingin bisa menikmati rokok karena teman-temannya seperti Presiden China Mao Zedong, Presiden Soekarno, hingga tokoh revolusi Kuba Che Guevara juga suka merokok.

"Teman-temanya itu perokok yang handal dan aktif, cerutu pula. Dia selalu gagal," tutur pria yang berprofesi sebagai arsitek ini. 

Meskipun beredar foto D.N Aidit sedang memegang sebatang rokok, Ilham yakin jika ayahnya tak bisa merokok. Kalaupun merokok itu hanya untuk pergaulan.

"Kalau ada orang yang menawari rokok dia suka pikir-pikir kemudian dia ambil, tapi kemudian enggak nyaman, dia matikan. Itu adalah kata-kata yang saya percaya dari ibu saya sendiri," ucapnya.

Isri dari mendiang sutradara Arifin C. Noer, Jajang C. Noer juga menuturkan adegan merokok dalam rapat PKI memang untuk keperluan dramatisasi.

Tags : g30s pki
Rekomendasi