Partai Ummat Terbentuk, Secara Resmi Amien Rais Tinggalkan PAN

Tim Editor

Viva Yoga (Dok. Instagram vivayogamauladi17)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga menyebut Amien Rais telah resmi meninggalkan partai berlambang matahari tersebut. Hal ini sehubungan dengan diumumkannya Partai Ummat oleh Amien Rais.

"Hari ini Pak Amien Rais mengumumkan berdirinya partai politik baru, namanya Partai Ummat. Berarti secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN," ungkap Viva kepada wartawan, Kamis (1/10/2020).

Viva mengatakan, meskipun Amien Rais merupakan salah pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005, tapi setelah mengunumkan Partai Ummat maka PAN tak lagi identik dengan mantan ketua MPR RI itu.

"Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," papar Viva.

Lebih lanjut, Viva menegaskan PAN dan Partai Ummat memiliki ideologi partai yang berbeda, meskipun sama-sama didirikan oleh Amien Rais. Dia menjelaskan, garis PAN adalah nasionalis-religius, sementara Partai Ummat adalah partai Islam

"Perbedaan ideologi politik tentu akan membawa konsekuensi berbeda dalam basis sosial di masyarakat," kata Viva.

Meski demikian, PAN tetap menyambut baik kehadiran Partai Ummat. Viva mengatakan, partainya mengucapkan selamat datang di gelanggang politik Indonesia.

"PAN akan terus bertransformasi untuk mengarungi samudera politik menjadi partai modern dan menjadi alat perjuangan politik rakyat untuk membangun peradaban Indonesia dan mempercepat terwujudnya kemakmuran rakyat Indonesia," pungkasnya.

Tag: pan amien rais pan mendua partai ummat

Bagikan: