Satu Keluarga Tewas dalam Kebakaran Rumah di Tangerang Saat Terlelap Tidur

Tim Editor

Satu keluarga tewas dalam kebakaran di Legok, Tangerang, Jumat (23/10/2020) dini hari. (Iqbal/era.id)

ERA.id - Sebuah rumah di Desa Palasari, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang hangus dilalap si jago merah, Jumat (23/10/2020). Akibatnya satu keluarga yang terdiri dari lima orang tewas di tempat.

Kebakaran yang terjadi dini hari ini berlangsung sangat cepat. Kelima orang yang merupakan satu keluarga yakni SS (55), RI (47), RAS (25), AGA (21), dan ALA (15) tewas terpanggang di dalam rumah mereka saat sedang terlelap tidur.

"Saat kejadian ini ada lima yang meninggal. Suami, istri, dan tiga orang anak," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Kosrudin, saat dihubungi, Jumat (23/10/2020). 

Kosrudi menjelaskan, saat kebakaran berlangsung warga sekitar juga sempat membantu memadamkan api. Namun, api terlalu besar dan cepat membakar seluruh bagian rumah. 

"Kejadiannya sekitar pukul 01.30 pagi. Warga sekitar juga sempat membantu dengan alat seadanya," ujarnya. 

Kondisi rumah yang terbakar di Legok, Tangerang. (Iqbal/era.id)

 

Tak lama kemudian tim pemadam kebakaran tiba di lokasi rumah tersebut. "Selang sekitar 30-40 menitan, pemadam kebakaran datang ke lokasi, dan pada akhirnya sekitar pukul 03.00 WIB, api berhasil dipadamkan. Setelah kami lakukan pemadaman, ternyata di dalam ada korban," tuturnya.

Untuk diketahui, tipe rumah di tempat kejadian kejadian merupakan rumah sangat sederhana (RSS) yang memiliki akses pintu depan saja. 

"(Para korban ditemukan) di kamar tapi bagian belakang dengan dapur. Mungkin mereka ketika sadar terjadi kebakaran di depan rumahnya, lari ke belakang, tapi belakang itu tembok, seberang-seberangnya rumah orang lain. Ya yang namanya RSS itu pintunya cuma di depan. Kiri, kanan, belakang tembok semua," jelasnya.

Bahkan, menurut dia, petugas yang mencoba memadamkan api juga sempat menemui kendala. Terlebih lagi akses menuju lokasi sangat sempit.

"Jalan kecil (sempit), belokan tajam, akses menuju itu juga berpapasan sama motor susah," terang Kosrudin seraya menambahkan bahwa pihaknya menerjunkan tiga unit dengan kekuatan 19 personel ke lapangan. 

Kondisi rumah yang terbakar di Legok, Tangerang. (Iqbal/era.id)

 

Dugaan sementara, kebakaran tersebut berasal dari korsleting. Atas kejadian itu, empat rumah terbakar, yakni rumah milik korban, dan tetangga kanan, kiri, serta belakangnya.

Kondisi rumah di kiri dan kanannya dalam kondisi rusak sedang. Sementara rumah di bagian belakang dalam kondisi rusak ringan. Selain itu, satu unit mobil dan tiga unit motor juga turut terbakar. 

Tag: kebakaran

Bagikan: