Jokowi Siap Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin COVID-19, Tapi..

| 17 Nov 2020 14:32
Jokowi Siap Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin COVID-19, Tapi..
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo siap menjadi orang pertama yang disuntik vaksin COVID-19. Namun kata Jokowi, hal tersebut juga harus sesuai dengan keputusan dari tim yang menangani.

"Ya kalau saya, kalau diputuskan yang pertama disuntik presiden, ya saya siap," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan Rosiana Silalahi, seperti dikutip ERA.id, Selasa (17/11/2020).

Jokowi berharap tidak ada persepsi negatif dari masyarakat jika ia divaksin duluan. Dia tidak ingin publik menilai bahwa penyuntikan merupakan keuntungan yang didapat sebagai presiden.

"Ya kalau saya ditentukan tim bahwa presiden yang pertama (divaksin) saya siap. Tapi jangan sampai nanti (ada anggapan) 'lho enak sekali presiden yang pertama harusnya rakyat dulu'," kata Jokowi.

Namun demikian, Jokowi mengatakan, vaksin tidak bisa langsung disuntikkan ke masyarakat. "Vaksin datang itu kurang lebih nanti di akhir November. Tetap kita hati-hati, tetap harus melewati tahapan-tahapan di BPOM," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah juga sudah menyiapkan daftar prioritas penerima vaksin. Mulai dari tenaga kesehatan hingga guru. Rencananya tim penanganan akan melakukan simulasi vaksinasi dalam waktu dekat.

"Kita sudah punya list kok list-nya siapa-siapa nanti minggu depan simulasi," ucap Jokowi.

Rekomendasi