Suasana Terkini Polda Metro Jaya Jelang Pemeriksaan Habib Rizieq Shihab

Tim Editor

Suasana terkini di Mapolda Metro Jaya. (Irfan/ERA.id)

ERA.id - Polda Metro Jaya memanggil Rizieq Shihab untuk menjalani pemeriksaan terkait kerumunan di Tebet, Jakarta Selatan dan Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. 

Pemeriksaan rencananya bakal berlangsung hari ini pukul 10.00 WIB di kantor Mapolda Metro Jaya, Selasa (1/12/2020). Namun, hingga berita ini diturunkan, belum terlihat tanda-tanda kehadiran pentolan FPI tersebut.

Pantauan ERA.id di lokasi, sejumlah aparat kepolisian mulai berjaga di sepanjang Jalan SCBD yang mengarah ke pintu masuk Mapolda Metro Jaya. 

Tak hanya aparat kepolisian dari Brimob yang tampak siaga, sejumlah personel TNI pun turut berjaga di sekitar Polda Metro Jaya. Namun, tidak diketahui apakah pengamanan tersebut terkait dengan pemeriksaan Rizieq Shihab.

Suasana di sekitar Mapolda Metro Jaya jelang pemeriksaan Rizieq Shihab. (Irfan/ERA.id)

 

Adapun Polri sudah memeriksa perangkat kota mulai dari tingkat RT hingga Gubernur dan Wagub DKI Jakarta. Setelah proses penyelidikan yang panjang, polisi akhirnya menaikkan status kasus itu menjadi penyidikan.

Suasana terkini di Mapolda Metro Jaya. (Irfan/ERA.id)

 

Seperti diketahui, kerumunan massa dalam jumlah besar akibat acara akad nikah putri keempat Rizieq dan perayaan Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu berbuntut panjang. Bahkan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana pun dicopot oleh Kapolri karena dinilai gagal menegakkan protokol kesehatan.

Polda Metro Jaya hari ini akan memanggil tiga saksi terkait kasus kerumunan saat acara akad nikah putri keempat Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/11/2020). Mereka adalah pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab; menantu Rizieq Shihab, Hanif Alatas; dan Biro Hukum dari FPI.

Pihak Polda Metro Jaya memastikan akan melakukan tes usap terhadap Muhammad Rizieq Shihab (MRS) jika hadir memenuhi panggilan penyidik kepolisian untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan pada Sabtu (14/11).

"Ini diperiksa di Polda Metro Jaya, satuan kerja kita lengkap tapi tiap pemeriksaan, kita lakukan akan kita terapkan protokol kesehatan. Siapa pun yang kita lakukan pemeriksaan, protokol kesehatan kita jalankan, plus kita harus tes usap di sini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, dikutip Antara, Senin (1/12/2020).

Wakil Sekretaris Jendral Persaudaraan Alumni PA 212, Novel Bamukmin menyatakan massa FPI dan elemen masyarakat lainnya berencana turun ke jalan jika Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, hari ini.

Kata Novel, para pengikut dan simpatisan bakal mendampingi proses pemeriksaan Rizieq.

Suasana di sekitar Mapolda Metro Jaya jelang pemeriksaan Rizieq Shihab. (Irfan/ERA.id)

 

"Nanti kalau HRS (Habib Rizieq Shihab) penuhi panggilan ke Polda Metro Haya maka bisa terjadi umat akan tumpah ruah turun ke jalan mengawal pemeriksaan," ujar Novel ketika dikonfirmasi, Senin (30/11).

Ia juga mendesak polisi untuk membatalkan rencana pemeriksaan Habib Rizieq yang baru pulang dari RS UMMI Bogor, Jawa Barat itu. Pasalnya, pengusutan kasus ini dinilai hanya membuat gaduh di tengah pandemi COVID-19.

Tag: rizieq sihab habib rizieq shihab rizieq shihab diperiksa polisi polda metro jaya rizieq shihab dipanggil polda metro

Bagikan: