Sepak Terjang Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ182: Mantan Penerbang TNI AU Pindah ke Pesawat Komersial

Tim Editor

Keluarga Kapten Afwan (Diman Sutini/era.id)

ERA.id - Kapten Afwan, pilot pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu, Jakarta ternyata merupakan mantan pilot TNI AU.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah. Menurutnya, Kapten Afwan bertugas di TNI selama kurang lebih sembilan tahun.

"Kapten Afwan adalah Penerbang TNI AU periode 1987-1998," kata Indan Minggu (9/1/2021).

Menurut Indan, Kapten Afwan saat masih menjadi perwira biasa bertugas di Skadron Udara 4 serta Skadron Udara 31.

Skadron Udara 4 adalah satuan udara angkut ringan yang berada di bawah jajaran Wing Udara 2, Komando Operasi Angkatan Udara II yang bernaung di bawah Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur.

Sedangkan keponakan Kapten Afwan, Muhammad Akbar bilang, setelah keluar dari TNI AU, pria kelahiran 26 Februari 1966 itu lalu banting stir menjadi pilot maskapai pesawat komersial. 

"Selepas dari Angkatan Udara, beliau jadi pilot komersial di Garuda Indonesia sebagai co pilot. Lalu, kalau tak salah ingat sempat ke Adam Air, lion Air dan Sriwijaya Air," kata Akbar.

Akbar menjelaskan pihak Sriwijaya Air sudah melakukan kontak dengan keluarga kapten Afwan, mereka juga memberikan informasi untuk kejelasan yang lebih detil masih menunggu.

"Kita juga berharap, bahwa ada kabar baik yang insyaallah nanti datang. Yang pasti, pihak keluarga masih sangat berharap adanya kabar baik," ucapnya. 

 

Tag: sriwijaya air jatuh sriwijaya air sj182 kapten afwan pilot sriwijaya air sj182 kapten afwan mantan tni au

Bagikan: