DPR Tegur Menkes Soal Raffi Ahmad yang 'Nongkrong' Tanpa Masker

Tim Editor

Raffi Ahmad dan Jokowi (Dok. Instagram raffinagita1717)

ERA.id - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani menegur Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin soal artis Raffi Ahmad yang 'nongkrong' tanpa masker usai divaksinasi COVID-19. Menurutnya, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi program vaksinasi COVID-19 yang tengah dijalankan pemerintah.

"Saya juga diprotes, ada salah satu influencer diundang untuk vaksin, malamnya berpesta tanpa masker dan sebagainya ini kan sebetulnya contoh tidak baik," kata Netty dalam rapat kerja Komisi IX dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM Penny Lukito, dan Dirut Bio Farma Honesti Basyir di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Netty juga menyayagkan pernyataan dari salah satu juru bicara vaksin COVID-19 yang juga pejabat di Kementerian Kesehatan yaitu Siti Nadia Tarmizi yang mengatakan teguran warganet untuk Raffi Ahmad lebih mengena. Menurutnya, sikap tersebut tidak tepat.

 

Politisi PKS ini lantas mempertanyakan konsistensi pemerintah. Menurutnya, pemerintah harus berani tegas saat menegur rakyat yang melanggar protokol kesehatan, namun malah terlihat membiarkan ketika 'duta' vaksin ketahuan tak taat protokol kesehatan. Karenanya, dia meminta pemerintah bersikap adil.

"Kalau masyarakat diminta disiplin ya berarti disiplin dimulai dari pejabat publik dan orang-orang yang dianggap menjadi influencer yang sudah digadang-gadang pemerintah," kata Netty.

Seperti diketahui, Raffi Ahmad menjadi salah satu orang yang mendapatkan suntikan perdana vaksin COVID-19 bersama Presiden Joko Widodo dan petinggi kementerian dan lembaga. Raffi disebut mewakili kaum anak muda.

Namun, belum ada 24 jam setelah divaksin, Raffi Ahmad 'nongkrong' bersama sejumlah artis seperti Gading Marten, Anya Geraldine, Once, hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok tanpa masker. Akibatnya, kritikan 'menghujani' Raffi Ahmad, pihak istana juga mengaku sudah menegur suami Nagita Slavina tersebut.

"Ya kami akan nasihati," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Kamis (14/1/2021).

Raffi Ahmad juga sudah meminta maaf dan mengklarifikasi kejadian tersebut. Dia mengaku saat itu memang tidak memakai masker karena sedang makan di pesta ulang tahun ayah salah seorang rekannya, namun acara tersebut pun dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

"Saya Raffi Ahmad, terkait kejadian tadi malam saya ingin sedikit memberikan klarifikasi. Tapi Sebelumnya saya ingin minta maaf yang sebesar-besarnya. Minta maaf ke bapak Presiden Joko Widodo, kepada seluruh staf yang ada di sekertariat presiden. Dan juga sekali lg minta maaf ke seluruh masyarakat indonesia atas peristiwa tadi malam,” kata Raffi Ahmad, dikutip dari Instagram miliknya, Kamis (14/1/2021). 

 

Tag: jokowi raffi ahmad covid-19 vaksin covid-19

Bagikan: