Beredar Penampakan Mobil Sedan Esemka S2000 di Pameran Mobil, Simak Penjelasannya

Tim Editor

Tangkapan layar unggahan hoaks mobil yang diklaim sebagai mobil Esemka. (Facebook)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Kompyang Iwantara mengunggah sebuah foto mobil jenis sedan berwarna putih yang diklaim sebagai mobil Esemka S2000.

Mobil itu berada di lokasi pameran yang terdapat logo Esemka di bagian depan mobil tersebut ke grup Seword Reader's Club dengan narasi sebagai berikut:

"Kadroon lagi goreng isu banjir, pakde buktikan pake esemka. Kadroon makin ketjang – ketjang xixixixixi"

Namun, setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, klaim adanya foto mobil sedan Esemka S 2000 berwarna putih merupakan konten yang dimanipulasi atau hoaks.

Faktanya, bukan mobil Esemka. Mobil di foto tersebut merupakan prototype Honda S 2000. Salah satu mobil sport dari produsen mobil asal Jepang, Honda.

Berdasarkan hasil penelusuran gambar, foto yang identik dengan foto yang diunggah oleh sumber klaim itu salah satunya diunggah di situs superstreetonline.com pada 16 Januari 2020 pada artikel berjudul "TAS 2020: Reimagining Honda’s EK9 Civic Type R & AP1 S2000".

Foto serupa juga ditemukan dalam artikel berjudul "2021 Honda S2000 First Look" yang dimuat situs hondacarmodels.com. Sumber klaim mengganti logo Honda dengan logo Esemka pada foto unggahannya.

Dilansir gridoto.com, Honda resmi meluncurkan prototype S2000 20th Anniversary di Tokyo Auto Salon 2020.

Menepati Janjinya, Honda resmi meluncurkan prototype S2000 20th Anniversary di Tokyo Auto Salon 2020. Dua dekade yang lampau sejak sang roadster ikonik diproduksi dan satu dekade setelah dihentikan. Honda S2000 menjadi magnet pemberitaan saat akan dibikin aksesori asli terbarunya.

"Yups Honda benar-benar akan membuat beberapa suku cadang baru seperti yang tengah melekat pada S2000 20th Anniversary Prototype," tulis gridoto dalam laporannya, Minggu 12 Januari 2020.

Tag: berita hoaks viral mobil esemka esemka harga mobil esemka

Bagikan: