DPR RI Jalani Vaksinasi COVID-19, Keluarga Anggota Dewan Juga Dapat Jatah

Tim Editor

Ilustrasi DPR (Dok. Antara)

ERA.id - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mulai menjalani program vaksinasi COVID-19. Anggota DPR RI beserta keluarga dan stafnya mendapatkan jatah suntik vaksin COVID-19. Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, anggota keluarga DPR RI memang mendapatkan jatah vaksin COVID-19 dari Kementerin Kesehatan (Kemenkes).

"Kita mendapatkan jatah dari Kementerian Kesehatan, anggota DPR dan keluarga anggota yang terdaftar. Jadi, alokasi (vaksin COVID-19) itu dari Kementerian Kesehatan," ungkap Dasco kepada wartawan di Gedung Parlemen, Senayan, Jumat (26/2/2021).

Selain keluarga anggota DPR RI, Dasco mengatakan, vaksinasi COVID-19 juga diberikan kepada staf anggota DPR RI, pegawai DPR RI, keamanan hingga petugas kebersihan di lingkungan DPR RI. Hal ini dilakukan, sebab komplek parlemen termasuk zona merah dan klaster perkantoran penyebaran virus Corona.

"Termasuk staf pendukung, termasuk juga keamanan, termasuk office boy itu juga divaksinasi. Karena DPR ini sudah area merah. Sudah banyak Pamdal, pegawai yang terkena COVID-19 sehingga kita tidak banyak kegiatan WFO (work from office) kemarin," kata Dasco.

Meski begitu, politisi Partai Gerindra ini mengaku tak hapal berapa banyak jumlah vaksin COVID-19 yang diberikan Kemenkes untuk DPR RI. Dia hanya mengatakan bahwa merk vaksin COVID-19 yang digunakan sama dengan yang digunakan untuk vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

Lebih lanjut, Dasco menjelaskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk DPR RI akan dilakukan per fraksi. Hal ini dikarenakan jadwal vaksinasi dari Kemenkes diberikan bertepatan dengan jadwal reses DPR RI. 

"Jadwalnya ini sudah diberikan oleh Kemenkes, jadwal yang mendapatkan vaksinasi termasuk DPR, sehingga kan jadwal itu harus dilaksanakan. Oleh karena sedang reses, Kesetjenan memberikan informasi kepada fraksi-fraksi, fraksi-fraksi yang kemudian menginformasikan kepada anggotanya," papar Dasco.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Era.id, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk DPR RI sudah berlangsung sejak Rabu (24/2). Vaksinasi dilakukan terhadap ribuan orang lantaran keluarga dan staf anggota DPR turut menjadi penerima.

Diketahui jumlah anggota DPR RI periode 2019/2024 sebanyak 575 orang. Maka, jika ditambah dengan anggota keluarga dan staf serta pegawai, jatah vaksin COVID-19 dari Kemenikes untuk DPR RI bisa mencapai ribuan. Adapun hingga saat ini Era.id belum bisa menghubungi Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar untuk mengonfirmasi mengenai jadwal vaksinasi dilingkungan parlemen.

 

Tag: covid-19 vaksin covid-19 DPR RI Sufmi Dasco Ahmad parlemen

Bagikan: