Beredar Video Detik-Detik Penangkapan Ustaz Yahya Waloni yang Akui Tabrak Anjing karena Haram, Cek Faktanya

Tim Editor

Ustaz Yahya Waloni. (YouTube An-Najah TV)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Albert Mandroe mengunggah link video YouTube pada 17 Febuari 2021 yang menyebut bahwa Ustaz Yahya Waloni telah ditangkap.

"AKHIRNYA USTADZ PENJUAL AGAMA DI CIDVK. DETIK-DETIK PEN4NK4PAN YAHYA WALONI," tulis narasi pada postingan tersebut dengan 169 komentar, 185 suka, dan 12 kali dibagikan.

Namun, setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya video tersebut tidak memperlihatkan penangkapan Yahya Waloni. Video diunggah pada kanal Youtube Suara Istana pada 17 Febuari 2021. 

Dalam video tersebut terlihat cuplikan ceramah kontroversial Yahya dan tanggapan sejumlah orang terhadap ceramah kontroversialnya.

Di antaranya terdapat Abdul Kadir Kading yang melaporkan Ustaz Yahya Waloni ke Bareskrim Polri pada 22 September 2018, terkait video ceramahnya yang dianggap menyebarkan ujaran kebencian saat menjadi Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dilansir dari Suara.com, Komisi VII DPR yang membidangi keagamaan meminta organisasi Islam memberikan pembinaan kepada para mualaf penceramah, seperti Yahya dikarenakan ceramah kontroversial yang disampaikannya. 

Ustaz Yahya Waloni sebelumnya juga jadi perbincangan usai video ceramahnya viral di media sosial. Dalam ceramahnya ia mengaku pernah sengaja menabrak seekor anjing di jalanan saat sedang mengendarai mobil.

Diketahui, Ustaz Yahya Waloni dikenal sebagai penceramah yang biasanya bertopik kristenisasi dan misionaris, topik yang berhubungan dengan latar belakangnya sebelum masuk Islam, dia adalah seorang pendeta.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat dikatakan video yang menyebutkan detik-detik penangkapan Ustaz Yahya Waloni adalah tidak benar. Dengan demikian, informasi itu masuk ke dalam kategori false connection.

Tag: berita hoaks cek fakta yahya waloni profil yahya waloni kontroversi yahya waloni

Bagikan: